//

KAJIAN KONDISI EKSISTING FASILITAS JALUR PEDESTRIAN PADA JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TEUKU RIWANDA FITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jalan Sri Ratu Safiatuddin merupakan salah satu kawasan pusat perdagangan dan wisata kuliner di Kota Banda Aceh. Aktivitas yang terjadi beragam sehingga menyebabkan kepadatan dan gangguan terhadap kinerja fasilitas umum, salah satunya adalah fasilitas jalur pedestrian. Keberadaan fasilitas jalur pedestrian yang mengalami disfungsi kinerja serta kondisi yang telah rusak dan usang menyebabkan pejalan kaki tidak dapat memanfaatkan fasilitas tersebut secara penuh, dimana keberadaan fasilitas jalur pedestrian yang baik dan memenuhi ketentuan dapat melindungi pejalan kaki dari bahaya saat berbaur dengan moda transportasi lainnya. Selain itu, berjalan kaki merupakan bagian dari pergerakan perjalanan yang lemah dan rentan terhadap kecelakaan sehingga diperlukan fasilitas yang menciptakan rasa aman dan nyaman. Berdasarkan permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan mengkaji tentang kondisi eksisting fasilitas jalur pedestrian pada Jalan Sri Ratu Safiatuddin agar memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR pada Pedoman Perencanaan Teknis Fasilitas Pejalan Kaki Nomor 02/SE/M/2018, dengan dibagi kedalam tiga aspek yaitu safety, health, dan environment. Metode analisis data yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan alat analisis deskriptif kuantitatif, yaitu membandingkan kriteria standar pedoman perencanaan teknis fasilitas pejalan kaki dengan kondisi sebenarnya. Waktu puncak volume pejalan kaki melintasi tertinggi didapatkan sebanyak 105 orang/15 menit, volume pejalan kaki menyeberang tertinggi sebanyak 66 orang/jam dan volume lalu lintas dua arah tertinggi sebanyak 1787 kendaraan/jam. Untuk Nilai PV² = 1,5 x 108, P = 61,25 (orang/jam) dan V = 1607 (kendaraan/jam) serta kecepatan rata-rata

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PENERAPAN REKAYASA LALU LINTAS SISTEM SATU ARAH PADA JALAN SRI RATU SAFIATUDDIN DAN SEKITARNYA DI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD ALFARIDZI, 2020)

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN KEPENTINGAN PENGGUNA FASILITAS JALUR PEDESTRIAN BERDASARKAN ASPEK SAFETY, HEALTH, AND ENVIRONMENT DI KAWASAN PASAR ACEH, BANDA ACEH (ANALYSIS OF USER SATISFACTION AND IMPORTANCE LEVEL OF PEDESTRIAN PATH FACILITIES BASED ON SAFETY, HEALTH, AND ENVIRONMENT ASPECTS IN PASAR ACEH AREA, BANDA ACEH) (Dian Firouza Meutia, 2020)

ANALISIS AKSESIBILITAS JALUR PEDESTRIAN TERHADAP PENYANDANG DIFABEL KOTA BANDA ACEH (Arthika Putri Syahfani, 2017)

TINJAUAN JALUR PEDESTRIAN PADA JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH (SAIDI PUTRA, 2020)

PERENCANAAN KEBUTUHAN JALUR PEDESTRIAN DI JALAN TENTARA PELAJAR KOTA BANDA ACEH (SRI SUCI PARAMITA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy