//

HUBUNGAN FUNGSI KELUARGA DENGAN INTERNET GAMING DISORDER PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizkia Maulida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keluarga berperan penting untuk mencegah perilaku internet gaming disorder (IGD) pada remaja melalui pemenuhan fungsi keluarga secara optimal. Namun, saat ini banyak keluarga yang belum mampu menjalankan fungsi keluarga dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga dengan internet gaming disorder pada remaja Sekolah Menengah Atas di Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptive correlative dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa laki-laki kelas X dan XI di SMA Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan metode simple random sampling berjumlah 157 responden. Pengumpulan data dilakukan pada 24 Juli- 9 Agustus 2020. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner McMaster Model Family Assessment Device (FAD) dan The 9-item internet gaming disorder Scale. Hasil analisa statistik menggunakan uji chi-square didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan antara fungsi keluarga dengan IGD (P=0,213), Tidak terdapat hubungan fungsi pemecahan masalah dengan IGD (P=0,633), tidak terdapat hubungan fungsi komunikasi dengan IGD (P=0,069), terdapat hubungan fungsi peran dengan IGD (P= 0,044), tidak terdapat hubungan fungsi respon afektif dengan IGD (P=0,689), tidak terdapat hubungan fungsi keterlibatan afektif dengan IGD (P=0,344), tidak terdapat hubungan fungsi kontrol perilaku dengan IGD (P=1,000), dan tidak terdap hubungan fungsi umum dengan IGD (P=0,382). Peneliti menyarankan agar pihak keluarga lebih meningkatkan fungsi keluarga dengan lebih memberikan waktu luang bersama anak-anak dan membantu agar anak dapat memanfaatkan waktunya dengan baik antara untuk bermain dan belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KECENDERUNGAN INTERNET GAMING DISORDER PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI BANDA ACEH (HAFIZH RIZKY, 2019)

STUDI KOMPASI SELF CONTROL DENGAN INTERNET GAMING DISORDER PDA REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN PIDIE (NISA APRILIA, 2020)

PERBANDINGAN AKURASI KLASIFIKASI KUESIONER 9-ITEMS INTERNET GAMING DISORDER DAN 7-ITEMS INDONESIAN ONLINE GAME ADDICTION MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI DATA MINING (Zulikram Zainuddin, 2021)

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN KESEHATAN MENTAL PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS DI BANDA ACEH (Nuzul Mela Lestari, 2016)

HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MEROKOK REMAJA PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDA ACEH (wiwin haryati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy