//

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH TEMPERATUR PIROLISIS TERHADAP SIFAT FISIK MINYAK DARI SAMPAH HDPE UNTUK BAHAN BAKAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang REZA ALWINSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sampah plastik masih menjadi mayoritas sampah yang beredar, dikarenakan lamanya proses degradasi bagi plastik serta menjadi faktor kerusakan lingkungan dan perlu penangganan dalam menguranginya. Alternatif penanganan untuk mengurangi sampah plastik ialah dengan metode pirolisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh temperatur pirolisis terhadap hasil sifat fisik minyak dari sampah high density polyethilena (HDPE) dengan metode pirolisis thermal cracking serta untuk melihat kesesuaian sifat fisik minyak hasil produksi dengan minyak konvensional. Untuk mengetahui pengaruh temperatur terhadap sifat fisik minyak plastik menggunakan metode pirolisis thermal cracking dengan jumlah pembakaran sampah plastik yaitu 1 kg didalam reaktor dan memvariasikan pada temperatur 250℃, 300℃ dan 350℃, pembakaran dilakukan dengan menggunakan energi thermal LPG dan mengkondensasikannya pada temperatur 14℃−22℃ sehingga menghasilkan minyak plastik. Hasil yang diperoleh ialah bahwa efek temperatur mempengaruhi sifat fisik minyak terutama pada viskositas, PH dan densitas juga mengalami peningkatan tetapi tidak signifikan. Densitas dan nilai kalor minyak plastik HDPE memiliki kemiripan dengan densitas dan nilai kalor minyak premium dan minyak sampah plastik HDPE memiliki RON yang lebih rendah dari premium yang berjumlah 81,2. Hasil sifat fisik minyak sampah plastik HDPE dipengaruhi oleh perbedaan temperatur akan tetapi pada beberapa sifat hanya mengalami sedikit perubahan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI TEMPERATUR PIROLISIS TERHADAP SIFAT MINYAK DARI SAMPAH PET DAN LDPE UNTUK BAHAN BAKAR (RAJUWARDI KUMAR, 2019)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN PERTAMAX DENGAN MINYAK PLASTIK HIGH DENSITY POLYETHYLENE HASIL PIROLISIS TERHADAP KINERJA MESIN BENSIN SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF (ARIEF FADHLURRAHMAN, 2021)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR MINYAK DARI SAMPAH PLASTIK DENGAN PREMIUM TERHADAP KINERJA MESIN BENSIN (MUHAMMAD JIHAD, 2019)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBANDINGAN OKSIGEN-BAHAN BAKAR TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBAKARAN BERBAHAN BAKAR LPG (LIQUIFIED PETROLEUM GAS) (MAIMUN, 2016)

KAJI EKSPERIMENTAL PENGARUH CAMPURAN MINYAK PLASTIK LOW DENSITY POLYETHILENE DENGAN PERTALITE TERHADAP KINERJA MESIN BENSIN (Aidil Sopia Adha, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy