//

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN SOAL BUKAN CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUNARON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairunnisah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, baik soal cerita maupun soal bukan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan soal bukan cerita matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan stategi concurrent embedded strategy. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Peunaron yang berjumlah 16 orang kemudian dipilih tiga orang untuk diwawancarai. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara yang dianalisis melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 48,13. Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal bukan cerita matematika berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 27,31. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan soal bukan cerita matematika adalah pengalaman, motivasi, kemampuan memahami masalah, keterampilan, dan gaya belajar. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan acuan untuk memaksimalkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan soal bukan cerita matematika. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal, soal cerita matematika, soal bukan cerita matematika

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS V SDN 50 BANDA ACEH (Nanda Fattia, 2014)

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN WAKTU DI KELAS IV RNSD NEGERI LAMREUNG (Lena Arsalna, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERHITUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA FISIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Cut Rahmadani, 2014)

ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Putri Purnama Sari, 2018)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS IV SDN 2 BAKONGAN ACEH SELATAN (Revi Sudianti, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy