//

ANALISIS KECEPATAN ENKRIPSI DAN DEKRIPSI ALGORITMA RSA (RIVEST SHAMIR ADLEMAN) PADA DATA TEKS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Iqbal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Teknologi informasi saat ini berkembang begitu cepat menyebabkan akses informasi yang mudah dan cepat. Kemudahan dalam mengakses informasi informasi menuntut pemilik informasi untuk menjaga data. Sebuah data dapat diamankan dengan cara melakukan penyandian terhadap isi data disebut dengan kriptografi. Salah satu algoritma kriptografi kunci publik yang terkenal adalah algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) karena perhitungan matematika yang rumit sehingga sulit ditembus oleh hacker. Pada algoritma RSA menggunakan dua kunci berbeda untuk proses enkripsi dan dekripsi yaitu kunci publik untuk proses enkripsi dan kunci privat untuk proses dekripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecepatan algoritma RSA dalam melakukan proses enkripsi dan dekripsi terhadap ukuran parameter n 1024 bit dan 2048 bit. Penelitian ini juga menganalisis kecepatan algoritma RSA ketika dijalankan dengan aplikasi lain. Penelitian ini dilakukan menggunakan 1 data teks dengan ukuran file berbeda dengan 8 kali percobaan dan 5 kali iterasi untuk proses pengujian. Algoritma ini dibangun menggunakan bahasa pemograman Java. Hasil pengujian menunjukkan bahwa waktu enkripsi sedikit lebih lama dibandingkan waktu dekripsi baik untuk ukuran kunci 1024 bit dan 2048 bit. Begitu juga, untuk waktu aplikasi berjalan sedkit lebih lama dari pada waktu tanpa aplikasi berjalan baik untuk ukuran kunci 1024 bit dan 2048 bit. Kata kunci : Algoritma RSA, Enkripsi, Dekripsi, Kriptografi, Data Teks.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI ALGORITMA SIMETRI RC4 STREAM CIPHER DENGAN PEMROGRAMAN BAHASA C (Dhani Fitri Yanthi, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA ALGORITMA SERPENT DAN ALGORITMA CAMELLIA PADA PROSES ENKRIPSI DAN DEKRIPSI DATA TEKS (Siti Zalika, 2019)

PERANCANGAN DAN PENERAPAN ALGORITMA 4DES UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN FILE REKAM MEDIS (Yeni Yanti, 2016)

PERANCANGAN SISTEM PENYIMPANAN CLOUD DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI RIVEST CIPHER 4 (RC4) (Intan Lestari, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN KEAMANAN KRIPTOGRAFI KLASIK PADA ALGORITMA MODIFIKASI PLAYFAIR CIPHER BERBASIS MATRIKS 8X8 DAN 16X16 (Alvi Rizka Aldyza, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy