0, yaitu Rp. 74.56 /m per musim panen, yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Net B/C > 1, yaitu 1,64 yang berarti bahwa setiap penambahan biaya sebesar Rp 1,00 akan memberikan penambahan hasil sebesar Rp 1,64. IRR sebesar 32,87 % menunjukkan bahwa tingkat pengembalian modal usaha pembudidayaan ikan mas karamba lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku, yaitu 18 %, dengan BEP terjadi pada musim panen ke 3, kurang dari umur ekonomis usaha selama 3 tahun atau 12 kali panen. Dari hasil analisis sensitifitas diketahui bahwa peningkatan biaya produksi dan penurunan penerimaan usaha sebesar 10 % akan mengakibatkan usaha pembudidayaan ikan mas karamba di Kecamatan Binjai Selatan menjadi tidak layak untuk diusahakan. Oleh karena itu, diharapkan bagi petani untuk dapat mempertahankan, dan meningkatkan kelayakan usaha mereka. Perbaikan metode budidaya seperti pemberian pakan secara lebih intensif dan melakukan pemupukan akan membantu pertumbuhan ikan mas lebih optimal sehingga jumlah dan harga produksi dapat lebih ditingkatkan. " /> //

ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN MAS DALAM KARAMBA DI KECAMATAN BINJAI SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASRI DARMA PUTRA AMIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Asri Darma Putra Amin "Analisis Kelayakan Usaha Budidaya [kan Mas Dalam Karamba di Kecamatan Binjai Selatan Provinsi Sumatera Utara" di bawah bimbingan Bapak Ir 'rwan A. Kadir, M.P sebagai pembimbing atam.a dan Bapek Ir. Edy Marsudi, M.Si sebagai pembimbing kedua. lkan mas adalah jenis ikan asli Indonesia yang telah lama di kenal oleh masyarakat dan memberikan nilai ekonomis bagi petani karena relatif mudah dikembangkan dan dibudidayakan. Dalam membudidayakan ikan mas, informasi tek.nologi pengelolaan usaha pembenihan ikan mas yang mencakup ras -- ras ikan mas yang potensial, pemilihan lokasi yang tepat, pengelolaan induk yang baik, pemijahan, penetasan te1ur, pasca panen dan analisis kelayakan ekonominya sangatlah diperlukan. Selain itu penggunan teknolog.i yang tepat juga dapat membanru petani untuk dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan usahatani mereka. Salah satunya adalah tek.nologi pemeliharaan dengan menggunakan kurungan yang disebut karamba. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Binjai Selatan dengan pertimbangan bahwa di daerah ini pembudidayaan ikan mas dengan menggunakan teknologi karamba telah banyak diusahakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layak atau tidaknya usaha pembudidayaan ikan mas dalam karamba di Kecamatan Binjai Selatan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada usaha pembudidayaan ikan mas yang terdapat di Kecamatan Binjai Selatan melakukan analisis dengan empat criteria investasi, yaitu NPV, Net B/C. IRR dan BEP. Dari hasil penelitian diketahui bahwa usaha budidaya ikan mas karamba di Kecamatan Binjai Selatan layak untuk diusahakan bila ditinjau dari segi finansial. Hal ini diketanui dari nilai NPv > 0, yaitu Rp. 74.56 /m per musim panen, yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Net B/C > 1, yaitu 1,64 yang berarti bahwa setiap penambahan biaya sebesar Rp 1,00 akan memberikan penambahan hasil sebesar Rp 1,64. IRR sebesar 32,87 % menunjukkan bahwa tingkat pengembalian modal usaha pembudidayaan ikan mas karamba lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku, yaitu 18 %, dengan BEP terjadi pada musim panen ke 3, kurang dari umur ekonomis usaha selama 3 tahun atau 12 kali panen. Dari hasil analisis sensitifitas diketahui bahwa peningkatan biaya produksi dan penurunan penerimaan usaha sebesar 10 % akan mengakibatkan usaha pembudidayaan ikan mas karamba di Kecamatan Binjai Selatan menjadi tidak layak untuk diusahakan. Oleh karena itu, diharapkan bagi petani untuk dapat mempertahankan, dan meningkatkan kelayakan usaha mereka. Perbaikan metode budidaya seperti pemberian pakan secara lebih intensif dan melakukan pemupukan akan membantu pertumbuhan ikan mas lebih optimal sehingga jumlah dan harga produksi dapat lebih ditingkatkan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI BUDIDAYA IKAN KERAPU SISTEM KARAMBA JARING APUNG DENGAN TAMBAK DI KECAMATAN LANGSA BARAT KOTA LANGSA (Heriadi, 2021)

DISTRIBUSI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN NILA(OREOCHROMIS NILOTICUS) YANG DIBUDIDAYAKAN DIKARAMBA JALA APUNG DANAU MANINJAU PROVINSI SUMATERA BARAT (WINDA AYULIZA PUTRI, 2018)

PROSPEK PRODUKSI PERIKANAN DARAT DENGAN MEDIA TAMBAK DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (ADI SYAHPUTRA ANANDA, 2020)

PROSPEK USAHA BUDIDAYA IKAN DENGAN MEDIA KERAMBA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN DI DANAU LAUT TAWAR (MASRI RAMADHAN, 2021)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SALMONELLA SP PADA SAPI BRAHMAN DIARE DI RUMAH POTONG HEWAN KOTA BINJAI SUMATERA UTARA (Vira Rama Dhanti Br Ginting, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy