ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN MINYAK KELAPA MURNI (VIRGIN COCONUT OIL) DI YAYASAN DUNHUL KHALIS KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN MINYAK KELAPA MURNI (VIRGIN COCONUT OIL) DI YAYASAN DUNHUL KHALIS KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0251220037

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Fitriani, dengan judul skripsi"Analisis Kelayakan Usaha Pengolahan Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) di Yayasan Dunhul Khalis Kabupaten Pidie". Oibawah bimbingan Bapak Dr. Lr. Mustafa Usman, M.S sebagai pembimbing pertama dan Ibu Agustina Arida, SP. M.Si sebagai pembimbing kedua.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha pengembangan virgin coconut oil (VCO) di yayasan Dunhul Khalis Kabupaten Pidie. Pengumpulan data dilaku.kan melalui wawancara dengan pihak pengelola usaha, dan dokumentasi terhadap aliran kas usaha tersebut. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan kriteria kelayakan investasi, meliputi BEP yang terdiri dari BEP volume produksi dan BEP harga penjualan, BC ratio. Return On Investment (ROI) dan pengembalian modal.


Hasil penelitian menunjukkan BEP volume produksi sebesar 5.725,75 botol. BEP harga penjualan sebesar Rp. 13.121,09. BC ratio sebesar 1,68, Return On Investmen (ROI) sebesar 67,67 persen. Selanjutnya dari segi pengembalian modaJ diketahui bahwa sampai satu tahun pelaksanaan kegiatan, pengembalian modal mencapai sebesar 145,94 persen. Karena BEP volume produksi lebih kecil dibandingkan jumlah produksi selama satu tahun, BEP harga penjualan lebih kecil dari harga penjualan per botol, BC ratio lebih besar dari 1,00 dan pengembalian modal lebih dari I 00 persen, dapat disimpulkan bahwa usaha pengolahan minyak VCO layak dikembangkan bila ditinjau dari aspek finansial.
Selanjutnya dari aspek pemasaran, usaha pengembangan minyak VCO juga layak, karena permintaan terhadap produk tersebut selalu mengalami peningkatan. Hal disebabkan semua minyak VCO yang diproduksikan laku dijual. Disamping itu, daerah pemasarannya juga bertambah luas, dengan memanfaatkan saluran pemasaran mernanfaatkan toko obat dan apotek.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK