ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA DODOL COKLAT SENTRA HALIA KOTA SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA DODOL COKLAT SENTRA HALIA KOTA SABANG


Pengarang

Dewi Kartika - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102010063

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dewi Kartika " Analisis Biaya dan Manfaat Usaha lndustri Rumah Tangga Dodol Coklat Sentra Halia Kota Sabang" dibawah bimbingan ibu dra. Ellyza Zulkifli sebagai pembimbing pertama dan bapak Dr. Ir. Sofyan, M.Agric.Sc selaku pembimbng kedua.
Adapun masalah yang diteliti yaitu, apakah usaha dodol coklat Sentra Halia Kota Sabang layak diusahakan dari aspek analisis biaya dan manfaat?
Penelitian ini dilakukan di industri rumah tangga dodol coklat "Sentra Halia" di Kecamatan Sukakarya Kelurahan Kota Bawah Timur Kota Sabang. Objek penelitian ini adalah usaha industri rumah tangga dodol coklat "Sentra Halia" di Kecamatan Sukakarya Kelurahan Kota Bawah Timur Kota Sabang. Sedangkan Ruang Lingkup penelitian meliputi besarnya investasi, biaya faktor usaha untuk menentukan perkembangan suatu industri rumah tangga yang dikelola dengan sistem tradisional. Lingkup investasi dalam penelitian ini terdiri dari gedung, peralatan dan biaya lainnya yang berhubungan dengan kriteria investasi dalam proses pembuatan dodol coklat.
Dari Hasil Penelitian ini dapat dilihat bahwa Usaha Industri Rumah Tangga Dodol Coklat Sentra Halia di Kota Sabang layak untuk diusahakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai NPV > 0 yaitu 22.005.608, nilai Net B/C > I yaitu Rp 2,16 dan IRR lebib besar dari tingkat suku bunga yang berlaku yaitu 35,95% serta BEP terjadi sebelum umur ekonomis kurang dari 5 tahun yaitu pada tahun ke 2.
Diharapakan kepada pengusaha agar kedepannya dapat ditingkatkan jumlah produksinya karena mengingat mudahnya mendapatkan bahan baku serta banyaknya permintaan di Kota Sabang yang tidak lain merupakan kota wisata. Dan dalam pemasaran akan lebih baik lagi jika dodol ini dipasarkan sampai keluar daerah tidak hanya di Sabang dan Banda Aceh saja.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK