ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) PADA PENGUKURAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS BAITURRAHMAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) PADA PENGUKURAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS BAITURRAHMAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN


Pengarang

Nurfitri Wahyuni Barawas - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1308101010019

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Puskesmas
Baiturrahman terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Penelitian ini digambarkan
dalam Structural Equation Modeling, yaitu menganalisis pengaruh dari faktor
tersebut. Langkah-langkah analisis dengan SEM yaitu (1) pengembangan model
secara teoritis, (2) Menyusun diagram jalur, (3) konversi diagram jalur kedalam
persamaan struktural. (4) memilih matriks input untuk analisis data, (5) menilai
identifikasi model stuktural, dan (6) menilai kriteria Goodness-of-Fit. Responden
penelitian adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Baiturrahman, dengan jumlah
responden sebanyak 200 orang. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa
tidak semua faktor berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Dari lima faktor yang
berpengaruh kualitas pelayanan seperti jaminan (?1), empati (?2), ketanggapan (?3),
kehandalan (?4), dan wujud fisik (?5), hanya faktor jaminan dan wujud fisik yang
menunjukkan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan.
Sedangkan kualitas pelayanan mempengaruhi secara signifikan terhadap kepuasan
pasien tetapi tidak pada loyalitas pasien, serta kepuasan pasien mempengaruhi secara
signifikan terhadap loyalitas pasien.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK