//

POLA DISTRIBUSI DAN EVALUASI TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA PERKEBUNAN KOPI ARABIKA DI BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MILDA GEMASIH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Hama penggerek buah Hypothenemus hampei menyerang buah yang masih muda sehingga mengalami gugur buah muda menyebabkan kualitas dan kuantitas panen juga menurun karena bekas serangan pada biji menyebabkan cacat cita rasa. Studi ini dilakukan untuk melihat pola distribusi dan tingkat serangan hypothenemus hampei pada dua model tanam dengan pohon penaung dan tanpa pohon penaung. Penelitian ini dilakukan pada 3 ketinggian yaitu 1300 mdpl, 1400 mdpl dan 1500 mdpl. Analisis data pola distribusi menggunakan indeks distribusi binomial dan analisis serangan hama menggunakan kriteria interval %. Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa pola distribusi hypothenemus hampei adalah mengelompok baik dengan pohon penanung maupun tanpa pohon penaung dan tingkat serangan hama tertinggi terdapat pada ketinggian 1300-1400 mdpl sedangkan tingkat serangan hama Hypothenemus hampei yang terendah yaitu pada ketinggian 1500-1600 mdpl. Tingkat serangan hama Hypothenemus hampei yang berada dibawah naungan tidak terlihat berbeda nyata, yang artinya naungan tidak menjadi faktor utama terhadap kerusakan buah kopi. Serangan hama yang terjadi pada tiga ketinggian (1300-1400, 1400-1500 dan 1500-1600 mdpl) baik pada model tanam tanpa pohon penanung maupun model tanam dengan pohon penaung masih masuk dalam kategori rendah yaitu berkisar antara 0-33.3% Kata kunci: Hypothenemus hampei, Kopi Arabika, distribusi, ketinggian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA DISTRIBUSI DAN EVALUASI TINGKAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) PADA PERKEBUNAN KOPI ARABIKA DI BENER MERIAH (MILDA GEMASIH, 2021)

BEBERAPA ASPEK BIOEKOLOGI PENGGEREK BUAH KOPI HYPOTHENEMUS HAMPEI FERRARI (COLEOPTERA: SCOLYTIDAE) PADA PERKEBUNAN KOPI RAKYAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Juwita Fintasari, 2019)

EKSPLORASI CENDAWAN ENTOMOPATOGEN ISOLAT LOKAL UNTUK PENGENDALIAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (HYPOTHENEMUS HAMPEI) SERTA STUDI KERUSAKAN KUALITAS KOPI AKIBAT SERANGAN HAMA PENGGEREK BUAH KOPI (Olyfia Rosalina, 2017)

DISTRIBUSI VERTIKAL HYPOTHENEMUS HAMPEI DAN EFEKTIVITAS KETINGGIAN LETAK PERANGKAP DALAM PENGENDALIANNYA (Juwita Fintasari, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN PERDAGANGAN BIJI KOPI BERAS ARABIKA KABUPATEN BENER MERIAH KE KOTA MEDAN (Emmia Tambarta Kembaren, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy