//

KARAKTERISASI KOMPOSIT POLIVINIL ALKOHOL NANOSELULOSA BERBASIS LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DEDEK SYAFRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pohon kelapa sawit yang terdiri dari tandan kosong dan batang merupakan salah satu limbah padat yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber serat nanokomposit. Polivinil Alkohol (PVA) memiliki kemampuan yang baik terhadap penambahan filler berupa nanoselulosa sehingga dapat menghasilkan film komposit yang ramah lingkungan dan sifat mekanis yang sama dengan plastik konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi filler dari limbah sawit dan menentukan pengaruh penambahan filler terhadap sifat mekanik, morfologi dan termal komposit polimer polivinil alkohol dengan metode hidrolisi asam. Analisis filler dan komposit dilakukan dengan menggunakan SEM, FTIR, XRD, DSC, kuat tarik, elongasi dan densitas. Puncak khas pada analisa XRD yang menunjukkan perubahan struktur kristal nanoselulosa tandan kosong dan batang sawit yaitu pada sudut sekitar 22,16° dan 23,3°. Analisis SEM komposit menunjukkan mikrostruktur berbentuk amorf. Analisis morfologi dan sifat termal komposit PVA menunjukkan bahwa variasi berat nanoselulosa pada PVA akan meningkatkan sifat mekanik mencapai 245,52 kgf/mm2 dan rasio termal optimal pada 203,5 oC. Namun penambahan nanoselulosa 20% justru menurunkan nilai kuat tarik dan elongasi dibandingkan dengan nanoselulosa 1%, 5% dan 10%. Sedangkan densitas berpengisi tandan kosong 20% diperoleh nilai sebesar 79,02 gr/cm3 dibandingkan dengan tandan kosong 1% yang nilai densitasnya lebih besar yaitu 443,18 gr/cm3. Kata kunci: Nanoselulosa, Hidrolisis Asam, Film komposit, Polivinil Alkohol, Tandan Kosong, Batang Sawit

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGUJIAN NILAI KALOR LIMBAH PADAT KELAPA SAWIT PADA PT.SYAUKATH SEJAHTERA UNTUK BAHAN BAKAR BOILER (Muammar Saputra, 2015)

PENGARUH KOMPOSISI MATRIK TERHADAP KUAT TEKAN MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT LIMBAH BATANG KELAPA SAWIT. (ARIA ARDIANSYAH, 2018)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KOMPOSIT KITOSAN-SELULOSA SEBAGAI ADSORBEN ION LOGAM CD(II) (SHABRINA, 2016)

KAJIAN KUAT LENTUR MATERIAL KOMPOSIT SERAT BATANG KELAPA SAWIT (Rahmat Taufan, 2018)

LITERATURE REVIEW: KARAKTERISASI SIFAT MEKANIK NANOKRISTAL SELULOSA DARI LIMBAH KELAPA SAWIT DAN APLIKASI SEBAGAI FILLER PADA BIONANOKOMPOSIT (Dian Hermayanti, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy