//

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEBELUM DAN SESUDAH MEMPEROLEH KUPEDES MELALUI BRI UNIT SUKAMAKMUR ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmiatun Aderiani - Personal Name

Abstrak/Catatan

RAHMIATUN ADERIANI, "Analisis Perbandingan Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Sebelum Dan Sesudah Memperoleh Kupedes Melalui BRI Unit Sukamakmur Aceh Besar'' di bawah bimbingan Cut Faradilla, SP. M.Si selaku Pembimbing Utama dan Ir. lrwan A.Kasir. MP selaku Pembimbing Kedua. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah perbandingan tingkat produksi dan pendapatan usahatani padi sawah sebelum dan sesudah memperoleh Kupedes yang disalurkan oleh BRI Unit Sukamakmur Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat produksi dan pendapatan petani padi sawah sesudah memperoleh kupedes dibandingkan sebelum memperoleh kupedes di Sukamakmur Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survey. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata karakteristik pedagang kecil yang mendapatkan kredit di daerah penelitian adalah : umur rata-rata 45 tahun, pendidikan rata-rata 9 tahun, pengalaman rata-rata 20 tahun, dan jumlah tanggungan rata-rata 5 orang. Rata-rata modal usaha (Biaya Produksi) yang dikeluarkan oleh petani padi sawah sebelum memperoleh Kupedes sebesar Rp 4.068.975 /MT dan sesudah mendapatkan kredit sebesar Rp 5.033.175 /MT. Rata-rata hasil produksi yang diperoleh petani sebelum memperoleh Kupedes sebesar 2220 Kg/MT dan sesudah memperoleh kupedes hasil produksi sebesar 3030 Kg/MT. Rata-rata nilai penjualan yang diterima oleh petani padi sawah sebelum memperoleh kupedes adalah sebesar Rp 5.550.000 /MT dan sesudah memperoleh kupedes adalah sebesar Rp 7.575.000 /MT. Rata-rata pendapatan bersih yang diterima oleh petani padi sawah sebelum memperoleh kupedes adalah sebesar Rp 1.481.025 /MT dan sesudah memperoleh kupedes adalah sebesar Rp 2.541.825. Hal ini menunjukkan bahwa hasil produksi dan pendapatan bersih yang diterima oleh petani padi sawah sesudah kupedes lebih besar disbanding sebelum kupedes. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada pedagang maupun pengusaha agar dengan adanya fasilitas kredit umum pedesaan (kupedes) yang diterima dapat meningkatkan mutu dan kwalitas hasil produksi serta menggunakan tambahan modal yang diterima sebaik mungkin agar usahatani dapat berkembang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PRIMA TANI DI DESA ANEUK GLEE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Popy Benovly, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH PASCA KENAIKAN HARGA GABAH DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Fifi Zuliany, 2020)

ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (ISKANDAR, 2020)

STUDI PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHA TANI PADI SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN METODE SRI (SYSTEM OFRICE INTENSIFICATION) DI KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Hendra Dharmawan, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy