RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SRI (OYA SATIVA L) TERHADAP DOSIS DAN SUMBER BAHAN ORGANIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI PADI SRI (OYA SATIVA L) TERHADAP DOSIS DAN SUMBER BAHAN ORGANIK


Pengarang

Zulkifli - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405101010032

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2009

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.16

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Z U LK IFL I. Respon Peruuhan dan Produksi Padi SRI (Oryza sativa L.) terhadap Dosis dan Sumber Bahan Organik". (di bawah bimbingan Efendi sebagai ketua dan Cut Nur Iehsan sebagai anggota).


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon padi terhadap dosis dan sumber bahan kompos organik yang sesuai pada sistem SRI sehingga diperoleh pertumbub an dan hasil padi yang optimum, serta untuk mengetahui nyata tidaknya interaksi antara kedua faktor tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Luthu Lamweu Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, dari tanggal 15 Januari sampai 26 Mei 2009. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah benih padi varietas Pandan Wangi, kotoran sapi dan sampah organik scrta biopestisida. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 3x2dengan 4 ulangan. Ada dua faktor yang diteliti yaitu dosis kompos organik yang terdiri atas 3 taraf, yaitu 2,5, 5,0 dan 7,5 ton/ha dan sumber Bahan organik yang terdiri atas 2 taraf, yaitu kotoran sapi dan sampah organik.


Peubah-peubah yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah anakan padi umur 30, 50 dan 70 hari HST, jumlah malai per rumpun, panjang malai per rumpun, jumlah gabah total per rumpun, jumlah gabah berisi per rumpun, jumlah gabah total per malai, berat gabah berisi per rumpun, berat gabah berisi per malai, persentase gabah berisi per rumpun, persentase gabah hampa per rumpun, berat 1000 butir gabah kering dan potensi hasil per/Ha.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis bahan organik berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah anakan umur 30 HST, jumlah malai per rumpun dan produksi per ha, berpengaruh nyata terhadap jumlah malai per rumpun, bcrpengaruh nyata tcrhadap tinggi tanaman umur 30 HST, jumlah anakan 50 HST dan jumlah gabah total per rumpun. Pertumbuhan dan hasil tanaman padi yang lebih baik dijumpai pada dosis bahan organik 7,5 ton/Ha. Sumber bahan organik berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah malai, berpengaruh nyata terhadap berat 1000 butir gabah berisi. Pemberian sampah organik menghasilkan pertumbuhan dan hasil tanama padi yang lcbih baik. Tcrdapat interaksi nyutu antara dosis bahan organik dengan sumber bahan organik terhadap jumlah malai per rumpun. ombinasi terbaik dijumpai puda perlakuan dosis balun orgunik 5,0
ton/Ha dengan menggunakan sumber bahan organik dari sampah organik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK