//

PERAN PENJAHIT MODISTE DALAM MENGANALISIS KESESUAIAN BUSANA DENGAN BENTUK TUBUH PELANGGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASNA IKHWANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asna Ikhwani.2020. Peran Penjahit Modiste dalam Menganalisis Kesesuaian Busana dengan Bentuk Tubuh Pelanggan. Skripsi Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Dr. Fadhilah, M.Pd. (2) Nurbaiti, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Peran penjahit, Modiste, Kesesuaian Busana Keterampilan dan kesiapan penjahit dalam menganalisis kesesuaian busana sangat diperlukan untuk mewujudkan busana seperti yang diharapkan. Pemilihan bahan, model, motif dan warna memiliki pengaruh besar dalam membuat busana yang sesuai dengan fungsinya. Penjahit profesional dapat memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan terhadap produk yang dihasilkan pada usaha modiste. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesiapan penjahit modiste dalam menganalisis kesesuaian busana dan tahapan yang dilakukan penjahit modiste dalam menganalisis kesesuaian busana dengan bentuk tubuh. Penelitian ini merupakan metode deskriktif kualitatif, guna untuk memperoleh data secara langsung berkenaan dengan kesiapan penjahit dalam menganalisis kesesuaian busana dengan bentuk tubuh pelanggan. Subjek ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 5 orang mahasiswa dan alumni Tata Busana yang sudah menjalankan usaha modiste. Teknik pengumpulan dan analisis data dalam penelitian melalui studi perpustakaan, observasi, wawancara selanjutnya reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden memahami dan mengaplikasikan proses menganalisis kesesuaian busana dengan bentuk tubuh. Proses menganalisis dan menciptakan busana sesuai bentuk tubuh, responden dimudahkan karena memiliki ilmu dan pemahaman dasar fashion yang diperoleh sebagai alumni Tata Busana di SMK maupun Universitas didukung dengan pengalaman sebelum dan sesudah menjalankan usaha modiste. Responden tidak mengalami kesulitan dalam menganalisis model busana, bahan, motif dan warna yang sesuai untuk pelanggan yang memiliki beragam proporsi tubuh. Diharapkan pada penjahit untuk selalu menjaga kualitas produk busana yang dihasilkan pada usaha modiste dan penjahit selalu memperkaya ilmu dan wawasan guna memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN POLA DASAR BUSANA WANITA PADA USAHA MENJAHIT PAKAIAN WANITA DI KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (ANNISA URSIAH, 2018)

PROSES PEMBUATAN BUSANA KERJA WANITA PADA USAHA JABAR TAYLOR (Khairunnisa, 2019)

PROFIL PENJAHIT WANITA DI GAMPONG MON ALUE KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR (Nia Amalia, 2018)

KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA TATA BUSANA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MATA KULIAH PENGELOLAAN USAHA BUSANA (SRI PUTRI KURNIATI, 2020)

PENERAPAN KETERAMPILAN MENDESAIN BUSANA DI KALANGAN MAHASISWA LULUSAN TATA BUSANA (Fitri Safhira, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy