//

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SIEGUPAI DI KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syukrina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Syukrina dengan juduJ skripsi "Analisis Pendapatan Usahatani Padi Siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupateo Nagao Raya" dengan pembimbing utama Dr. Ir. Sofyan, M. Agric, Sc. serta Nita Sari Tarigan, SP. M.Si selaku pembimbing kedua. Adapun permasalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi motivasi masyarakat petani untuk mempertahankan padi Siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya dan berapa besar pedapatan usahatani padi Siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini pada usahatani padi siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Profinsi Aceh. Objek penelitian adalah semua petani yang mengusabakan tanaman padi lokal jenis siegupai. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada masalah analisis pendapatan usahatani padi siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagao Raya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untu.k mengetahui motivasi masyarakat tani dalarn mempertahankan padi siegupai di Kecamatan Darul Mak:mur Kabupaten Nagan Raya, serta untuk mengetahui berapa besar pendapatan usabatani padi siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaJah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adaJah semua petani padi siegupai yang ada di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya yang terbesar pada 7 desa. Pengambi Ian sampel dilakukan dengan menggunakan metode multiple stage sampel. Besamya sampel yang digunakan dalam penelitian sebanya.k 23 responden, yaitu 30% dari besaran populasi.Adapun tingkat motivasi para petani dalam usahatani padi siegupai di Kecamatan Darul Mak.mur kabupaten Nagan Raya termasuk kedalam katagori tinggi, serta perbedaan yang paling dominan pada jenis padi siegupai dibandingkan padi lainnya adalah rasa beras lebih baik, padi siegupai merupakan tanaman yang dapat ditanam di dataran tinggi sehingga tidak diperlukan banyak air, selain itu biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan padi lainnya. Pendapatan petani padi siegupai di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya dimana sebesar Rp.10.946.732 per Ha per MT, dengan biaya produksi hanya Rp.2.553.268 per Ha per MT serta penerimaan dari penjualan gabah sebanyak 3.000 Kg dengan harga Rp.4.500 per Kg mencapai Rp.13.500.000 per Ha per MT. Diharapkan para petani untuk lebih intensif dalam usahatani padi siegupai, dengan demikian dapat meningkatkan pendapatan para petani tersebut, selain itu diharapkan adanya usaha-usaha lain sehingga dapat meningkatkan produksi gabah padi Siegupai. Selain masalah intensifikasi, juga diharapkan kepada para petani agar menyediakan bibit yang berkualitas, sehingga tidak terjadinya putus bibit dimana padi Siegupai merupakan salab satu jenis padi yang prospek dimasa akan datang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU SADAR GIZI IBU RUMAH TANGGA DI DESA SERBAGUNA KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Nova DianSari EkaNingsih, 2016)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

PERKEMBANGAN MUSIK TERBANGAN DI DESA SERBAJADI KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (FEBI MAHQVIRA, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy