PENENTUAN TITIK DAYA MAKSIMUM ARRAY MODUL SURYA PADA PARTIAL SHADING DENGAN KONDISI MULTIPLE PEAK MENGGUNAKAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (GWO) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENENTUAN TITIK DAYA MAKSIMUM ARRAY MODUL SURYA PADA PARTIAL SHADING DENGAN KONDISI MULTIPLE PEAK MENGGUNAKAN METODE GREY WOLF OPTIMIZATION (GWO)


Pengarang

MULIADI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1704205010001

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S2) / PDDIKTI : 20101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Partial shading merupakan kondisi sebagian permukaan panel surya terhalang sinar matahari. Kondisi ini dapat mempengaruhi daya keluaran array modul surya dengan beberapa puncak (multiple peak). Teknik Maximum Power Point Tracking (MPPT) konvensional seperti Perturb and Observe (P&O), Incremental Conductance (IC), Hill Climbing (HC) gagal melacak titik daya maksimum secara efektif jika panel surya mengalami partial shading. Model optimisasi metaheuristik menjadi solusi untuk mendapatkan daya pada titik maksimum (global peak). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja metode Grey Wolf Optimization (GWO) dalam mendapatkan daya pada titik puncak maksimum tertinggi array modul surya yang memiliki daya keluaran yang bervariasi atau berbeda-beda (multiple peak output). Metode GWO yang diusulkan diimplementasikan pada array modul surya dengan daya keluaran yang mempunyai jumlah titik puncak maksimum yang bervariasi atau berbeda-beda. Pengujian konfigurasi sistem dengan pola shading 12,5% - 100% diuji dengan menggunakan software Matlab/Simulink. Dalam pengujian ini modul surya yang digunakan adalah jenis SPM055P-N. Hasilnya menunjukkan bahwa metode GWO bekerja sangat baik dengan mendapatkan daya pada titik maksimum tertinggi (PMPPT-GWO) pada pola shading satu titk puncak sebesar 178,7 Watt dengan efisiensi daya MPPT-GWO sebesar 99,72% pada waktu 1,25 second. Pada pola shading dua titik puncak yang berbeda didapatkan nilai PMPPT-GWO sebesar 266,7 Watt dengan efisiensi 99,85% pada waktu 1.0 second dan pada pola shading tiga titik puncak yang berbeda didapatkan nilai PMPPT-GWO sebesar 204,2 Watt dengan efisiensi 99,90% pada waktu 1.0 second.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK