IDENTIFIKASI JENIS-JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL YANG DIGUNAKAN PASCA PERSALINAN DI KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL YANG DIGUNAKAN PASCA PERSALINAN DI KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES.


Pengarang

KASMAINI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606150010023

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (Gayo Lues) (S1) / PDDIKTI : 84026

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kasmaini. 2020. Identifikasi Jenis-Jenis Tumbuhan Obat Tradisional yang Digunakan Pasca Persalinan di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi PSDKU. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

(1) Dr. Hasanuddin, M. Si., (2) Dr. Ismul Huda, M. Si

ABSTRAK


Penelitian ini mengenai identifikasi jenis-jenis tumbuhan obat tradisional yang digunakan pasca persalinan di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues yang telah dilakukan pada bulan Agustus 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan obat, bagian yang digunakan dan cara penggunaan tumbuhan sebagai obat tradisional pasca persalinan di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif yang berhubungan dengan pengetahuan masyarakat. Penelitian dilakukan di 5 desa yaitu Desa Lempuh, Desa Cempa, Desa Gele, Desa Porang dan Desa Sentang di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Analisis data pada penelitian ini yaitu secara deskriptif data ditampilkan dalam bentuk tabel berdasarkan nama lokal, nama ilmiah, familia, bagian yang digunakan dan kegunaanya sebagai perawatan pasca persalinan. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 27 spesies dari 14 familia yang digunakan dalam perawatan pasca persalinan. Bagian tumbuhan yang digunakan yaitu akar, rimpang, batang, daun, kulit, bunga, buah dan biji. Cara penggunaanya yaitu dimakan, dioles, diminum dan ditempel. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan hasil persentase terdapat pada jenis familia dari zingiberaceae (26%), bagian yang digunakan pada tumbuhan sebagai obat tradisional paling banyak digunakan pada bagian rimpang yang terdapat (34%). Cara penggunaan tumbuhan obat tradisional paling banyak digunakan dengan cara disapu dan dimakan sama-sama memiliki hasil (33%).

Kata kunci : Pengobatan Tradisional, Pasca Persalinan, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK