//

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA EMERGING ADULTS DIMEDIASI OLEH PERILAKU SEX-TEXTING (SEXTING)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SIDDIEQ AL AMIEN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Emerging adulthood merupakan masa transisi dari remaja ke dewasa awal yang terjadi di usia 18-25 tahun dimana kaum muda mulai mengeksplorasi berbagai kemungkinan dalam hal seksualitas, salah satunya adalah perilaku seksual pranikah. Religiusitas merupakan faktor yang berperan dalam pengambilan keputusan seksual. Individu cenderung beralih ke perilaku seksual non-fisik untuk menghindari rasa bersalah jika mereka melakukan hubungan seksual secara fisik. Hal ini mungkin mengarah pada gagasan bahwa perilaku sex-texting (sexting) dipandang sebagai hubungan seksual alternatif yang dapat diterima pada individu religius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan perilaku seksual pranikah pada emerging adults dimediasi oleh perilaku sex-texting (sexting). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan 82 responden (34 laki-laki; 48 perempuan) dengan rentang usia 20-25 tahun, dipilih melalui metode convenience sampling. Religiusitas diukur menggunakan Muslim Daily Religiosity Assessment Scale (MUDRAS), perilaku seksual pranikah diukur menggunakan Skala Perilaku Seksual Pranikah, dan perilaku sex-texting (sexting) diukur menggunakan Sexting Behaviors Scale (SBS). Data dianalisis menggunakan metode analisis mediasi sederhana PROCESS. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara religiusitas dengan perilaku seksual pranikah dimediasi oleh perilaku sex-texting (sexting) pada emerging adults (B=0,197; p=0,466). Religiusitas tidak memprediksi tingkat perilaku seksual pranikah yang dilakukan individu dengan perilaku sex-texting (sexting) sebagai mediator. Kata Kunci: religiusitas; perilaku seksual pranikah; sexting; emerging adults

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI IBU-ANAK DENGAN SIKAP TERHADAP PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH PADA REMAJA DI BANDA ACEH (Kurniawati, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ORANGTUA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KOTA BANDA ACEH (Miranti Bahri, 2016)

PERBEDAAN CONSIDERATION OF FUTURE CONSEQUENCES PADA REMAJA AKHIR DITINJAU DARI PENGALAMAN MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH (khairatun hisan, 2016)

KOPING STRES PADA REMAJA YANG MENIKAH KARENA PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI KABUPATEN BENER MERIAH (Patimah Binti, 2015)

RASA BERSALAH PADA REMAJA YANG MELAKUKAN PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH DI BANDA ACEH (Arifati Ilma Lubis, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy