//

HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WATTINI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI MAN Darussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemandirian Belajar dan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI MAN Darussalam serta hubungan kemandirian belajar dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah MAN Darussalam dengan populasi seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 140 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus Issac & Michael sehingga diperoleh sampel dengan jumlah 92 siswa. Pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu: skala kemandirian belajar dan skala prokastinasi akademik. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan korelasi product moment Pearson. Hasil analisis deskriptif data sebesar 64,1% menunjukkan bahwa umumnya siswa kelas XI MAN Darussalam kemandirian belajar dalam kategori sedang dan prokrastinasi akademik sebesar 80,4% siswa kelas XI MAN Darussalam pada umumnya dalam kategori sedang. Analisis korelasi dengan hasil rhitung sebesar -0.638 dan hasil taraf signifikansi 0.000 menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prokrastinasi akademik. Kontribusi yang disumbangkan sebesar 40.7%, artinya kemandirian belajar memberi kontribusi terhadap rendahnya perilaku prokrastinasi akademik. Hasil analisis setiap aspek kemandirian belajar didapatkan sebesar 30,6% menunjukkan bahwa aspek yang lebih dominan yang memiliki hubungan terhadap rendahnya perilaku prokrastinasi akademik adalah mampu merancang strategi belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPEDULIAN ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 1 MATANGKULI ACEH UTARA) (NURUL RAHMA, 2021)

HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DAN IMPLIKASINYA BAGI PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (SUATU PENELITIAN PADA SMP NEGERI BANDA ACEH) (Seri Astuti, 2017)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA UNSYIAH (ZURRATUL MUNA, 2020)

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUATERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS SYIAH KUALA. (AMELIA FITRI, 2019)

HUBUNGAN ANTARA PERFEKSIONISME DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Heru Prima Setiawan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy