0, yaitu Rp. 42.094.176, yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Net 8/C > I. IRR sebesar 67.15 % menunjukkan bahwa tingkat pengembalian modal usaha pembudidayaan ikan nila keramba lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku, yaitu 18 % dengan BEP terjadi pada tahun ke 4 atau terjadi pada umur ekonomis usaha budidaya ikan nila. Selanjutnya dilakukan uji sensivitas berdasarkan asumsi pertama dan kedua sehingga diperoleh nilai NPV >0, Net 8/C > L IRR> 18 % dan BEP < dari umur ekonomis usaha. " /> //

ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA IKAN NILA PADA KELOMPOK TANI NAGUNA DI DESA COT IRI KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mudhahir - Personal Name

Abstrak/Catatan

M udhahir "Analisis Kelayakan Usaha Budidaya Ikan Nila Pada Kelompok Tani Naguna di Desa Cot lri Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar" dibawah bimbingan Bapak Ir. M. Nassir I lawy. M.S sebagai pembimbing utama dan lbu Cut Faradilla, SP, M.Si sebagai pembimbing kedua. lkan Nila adalah bukan ikan yang berasal dari Indonesia.tetapi jenis ikan pendatang yang didatangkan kc dalam secara bertahap. Dalam membudidayakan ikan nila, informasi teknologi pengelolaan usaha pembenihan ikan nila yang mencakup jenis ikan nila yang potensial, pemilihan lokasi yang tepat,, pengelolaan induk yang baik, pemijahan, penetasan telur, pasca panen dan analisis kelayakan ekonominya sangatlah diperlukan. Selain itu penggunaan teknologi yang tepat juga dapal membantu petani untuk dapat meningkatkan produktivitas dan pendapatan usahatani mereka. Salah satunya adalah teknologi pemeliharaan dengan menggunakan kunrngan yang disebut keramba. Penelitian ini dilakukan di kecamatan Krueng Barona Jaya dengan pertimbangan di daerah ini pembudidayaan ikan nila dengan menggunakan teknologi keramba telah yang membudidayakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layak atau tidak layaknya usaha pembudidayaan ikan nila dalam keramba di desa Cot Iri. Penilitian ini menggunakan metode studi kasus pada usaha pembudidayaan ikan nila yang terdapat di desa Cot lri dengan melakukan analisis dengan cmpat criteria investasi, yaitu NPV, Net B/C, IRR dan BEP.Dari hasil penelitian diketahui bahwa usaha budidaya ikan nila keramba di desa Cot lri layak diusahakan bila ditinjau dari segi financial. Hal ini diketahui dari nilai NPV > 0, yaitu Rp. 42.094.176, yang berarti penerimaan yang diperoleh lebih besar dari biaya yang dikeluarkan. Net 8/C > I. IRR sebesar 67.15 % menunjukkan bahwa tingkat pengembalian modal usaha pembudidayaan ikan nila keramba lebih besar dari tingkat suku bunga yang berlaku, yaitu 18 % dengan BEP terjadi pada tahun ke 4 atau terjadi pada umur ekonomis usaha budidaya ikan nila. Selanjutnya dilakukan uji sensivitas berdasarkan asumsi pertama dan kedua sehingga diperoleh nilai NPV >0, Net 8/C > L IRR> 18 % dan BEP < dari umur ekonomis usaha.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KELAYAKAN SISTEM PERTANIAN TERPADU PENGGEMUKAN SAPI DAN JAGUNG PADA KELOMPOK TANI SEJAHTERA DI DESA LUENG IE KECAMATAN KRUENG BARONA KABUPATEN ACEH BESAR (ferdiansyah, 2015)

PROSPEK USAHA BUDIDAYA IKAN DENGAN MEDIA KERAMBA TERHADAP TINGKAT PENDAPATAN NELAYAN DI DANAU LAUT TAWAR (MASRI RAMADHAN, 2021)

ANALISIS FINANSIAL USAHA BUDIDAYA IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) DENGAN MENGGUNAKAN KERAMBA TANCAP DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Fenny Mulia, 2021)

KAJIAN POLA PERTUMBUHAN DAN FAKTOR KONDISI IKAN GENUS OREOCHROMIS YANG TERTANGKAP DI SUNGAI BLANG KRUENG, KECAMATAN BANDAR BARU, KABUPATEN PIDIE JAYA (T. Mukhlis, 2016)

ANALISIS PELUANG DAN PROSPEK PENGEMBANGAN USAHA HANDBOUQUETFLOW DI DESA MEUNASAH PAPEUN KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Nadia Lismayeni, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy