IDENTIFIKASI MOLEKULER BAKTERI ENDOFIT DARI TANAMAN BALAKACIDA (CHROMOLAENA ODORATA) ASAL ACEH BESAR BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI MOLEKULER BAKTERI ENDOFIT DARI TANAMAN BALAKACIDA (CHROMOLAENA ODORATA) ASAL ACEH BESAR BERDASARKAN ANALISIS GEN 16S RRNA.


Pengarang

Nurulya Pinta Cahyani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1602101010055

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran Hewan / Pendidikan Kedokteran Hewan (S1) / PDDIKTI : 54261

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Balakacida (Chromolaena odorata) merupakan tanaman yang secara empiris digunakan sebagai obat luka dan tumbuhan ini memiliki khasiat sebagai antimikroba. Bakteri endofit terdapat di dalam semua jaringan tanaman tingkat tinggi dan berkoevolusi dengan tanaman inangnya, sehingga khasiat bakteri endofit sama dengan tanaman inangnya. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengidentifikasi jenis bakteri endofit di dalam tanaman balakacida asal Aceh Besar berdasarkan analisis gen 16S rRNA. Sampel yang digunakan adalah isolat bakteri endofit terpilih (BEA 1, BEA 2, dan BEA 3) asal tanaman balakacida Aceh Besar yang tumbuh pada media nutrient broth (NB). Rancangan penelitian dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu isolasi DNA menggunakan Presto ™ Mini gDNA Bacteria Kit (Geneaid), amplifikasi DNA dengan metode polymerase chain reaction (PCR), sekuensing, dan analisis bioinformatika, serta konstruksi pohon filogenetik menggunakan software MEGA 10.0. Hasil penelitian identifikasi bakteri endofit asal tanamaan balakacida menunjukkan bakteri endofit isolat BEA-1, BEA-2 dan BEA-3 dapat teramplifikasi dengan primer 63f dan 1387r dengan ukuran fragmen DNA sekitar 1300 pb dan persentase kemiripan berturut-turut sebesar 85,80%, 86,76%, dan 82,82% dengan bakteriProvidencia vermicola berdasarkan database pada GenBank. Hasil analisis konstruksi pohon filogenetik menunjukkan kekerabatan dengan kluster bakteri gram negatif Providencia vermicola dan terpisah dengan outgroup Bacillus subtilis.

Kata kunci : Balakacida, bakteri endofit, gen 16S rRNA.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK