//

HUBUNGAN USIA DAN ETIOLOGI TERHADAP SURVIVAL RATE PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK STADIUM 5 YANG MENJALANI TERAPI CONTINUOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eva Miranda Fitri - Personal Name
SubjectKIDNEY DISEASES - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Penyakit ginjal kronik (PGK) stadium 5 merupakan masalah kesehatan masyarakat seluruh dunia dan insiden serta prevalensinya terus meningkat. Pasien PGK stadium 5 membutuhkan terapi pengganti ginjal untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya (survival rate), salah satunya adalah Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis (CAPD). Usia dan etiologi merupakan faktor penting yang berhubungan dengan survival rate pasien yang menjalani terapi CAPD. Tujuan dari penelitian ini adalah menilai hubungan antara usia dan etiologi dengan survival rate pasien PGK stadium 5 yang menjalani terapi CAPD di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional survey. Data diperoleh dari rekam medik penderita yang menjalani terapi CAPD di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh periode 2007-2011. Data dianalisis menggunakan Chi-square atau bila tidak terpenuhi persyaratannya, maka diuji dengan Fisher’s Exact Test. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 28 penderita PGK stadium 5 yang menjalani terapi CAPD yang telah meninggal dunia. Secara statistik didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara usia dan etiologi dengan survival rate (p= 1,000 ; p=0,246 (p>0,05 pada α =0,05)). Namun, secara frekuensi didapatkan survival rate < 1 tahun paling banyak didapatkan pada pasien dengan usia dewasa madya dan etiologi DM sedangkan survival rate > 1 tahun paling banyak didapatkan pada pasien dengan usia dewasa muda dan etiologi non-DM. Kata kunci : Survival rate, Penyakit ginjal kronik stadium 5, Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN LAMA KELANGSUNGAN HIDUP ANTARA PENDERITA PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODILISIS DAN COUNTINIOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Fatimah Az Zahara, 2016)

KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG RNMENJALANI TERAPI CONTINUOUS AMBULATORYRNPERITONEAL DIALYSIS (CAPD) DI ACEH RNTAHUN 2013 (Sajida rahmalita, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI TERAPI CONTINOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS DI BANDA ACEH DAN ACEH BESAR TAHUN 2014 (putri nahrisah, 2014)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN DERAJAT PRURITUS UREMIK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK STADIUM 5 DI RSUDZA BANDA ACEH (Idal Fitri Mareta, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA GANGGUAN GINJAL AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2008-2010 (Maulidawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy