//

PERLINDUNGAN HUKUM USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BEBAS MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yusri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep perlindungan hukum terhadap UMKM, menjelaskan bentuk bentuk perlindungan hukum UMKM dan mengidentifikasikan kendala perlindungan UMKM serta upaya menemukan solusinya. Penelitian ini bersifat yuridis empiris. Data diperoleh dari hasil studi literatur dan penelitian lapangan. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara substani pengaturan UMKM dalam peraturan perundang undangan telah memadai, khususnya peraturan di tingkat pusat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM dan peraturan pelaksananya, namun produk hukum daerah (Qanun) Aceh No. 10 Tahun 2004 tentang Pemberdayaan Sentra Usaha Kecil sudah tidak singkron lagi dengan UU UMKM. Ada beberapa bentuk perlindungan UMKM, seperti perlindungan preventif, fasilitatif, protektif, dan konsultatif. Masalah permodalan, SDM pelaku UMKM, dukungan lembaga, teknologi, etos kerja masih menjadi kendala dalam perlindungan dan pemberdayaan UMKM. Upaya yang dibutuhkan untuk pengembagangan UMKM dapat dilakukan melalui harmonisasi dan singkronisasi produk hukum daerah dengan Undang-Undang. Perlindungan UMKM dapat juga dilakukan melalui pendataan poteni UMKM, penguatan modal dan manajemen UMKM, peningkatan kuatlitas SDM dan inovasi pelaku usaha, dan dukungan lembaga terkait.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

USAHA GURU KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN LAPANGAN KERJA DI SMK NEGERI 1 SINABANG (ARIANTO FOGUS, 2020)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) MIKRO TANPA AGUNAN (STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA TBK. KANTOR CABANG BANDA ACEH) (ASRUL MARHAS, 2018)

ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN DANA BUMN OLEH USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENINGKATAN VOLUME USAHA (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (Cut Riska Varlitya, 2021)

KEBIJAKAN BANK SUMUT DALAM PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KEPADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KECAMATAN PERBAUNGAN SUMATERA UTARA (Puspita Sari, 2014)

ANALISIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA BANDA ACEH (T. Sultan Mulia Nurrahman, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy