//

KAJIAN PEMBUATAN ES KRIM DARI DAUN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) DAN TAPAI SINGKONG (MANIHOT UTILISSIMA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang UTIN MUTIA ALMA JIHAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kombinasi rasa dari sawi dan tapai singkong sebenarnya sudah tidak asing lagi sebagai bahan alternatif berbagai produk pangan olahan. Tidak sedikit masyarakat telah membuat resep makanan, jus serta produk beku lainnya termasuk es krim dengan menambahkan kombinasi kedua bahan ini. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang mengkaji formulasi es krim dari campuran daun sawi dan tapai singkong yang tepat dengan penambahan penstabil yang paling sesuai dan diuji secara organoleptik. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pembuatan es krim dari campuran daun sawi dan tapai singkong dengan penstabil berupa karagenan, gum arab dan Carboxyl Metyl Cellulose (CMC). Peranan ketiga penstabil ini akan diuji terhadap kualitas es krim (khususnya parameter overrun, viskositas dan daya leleh) yang dihasilkan dan uji hedonik yang meliputi tekstur, rasa, warna, aroma, dan mouthfeel serta tingkat penerimaan konsumen keseluruhan. Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor, yaitu rasio daun sawi dan tapai singkong dan jenis penstabil. Faktor rasio daun sawi dan tapai singkong terdiri dari 2 (dua) taraf, yaitu R1= 60:40, R2= 40:60. Faktor jenis penstabil yaitu terdiri dari 3 (tiga) taraf, yaitu P1= Karagenan, P2=Gum arab, dan P3=CMC. Eksperimen diulang 3 kali sehingga diperoleh 18 satuan percobaan. Secara statistik, hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antar faktor berpengaruh sangat nyata (P ≤0,01) hanya terhadap overrun, viskositas, dan warna dari es krim yang dihasilkan. Faktor rasio daun sawi dan tapai singkong berpengaruh nyata (P ≤0,05) terhadap aroma dan rasa dari es krim sedangkan jenis penstabil berpengaruh nyara terhadap daya leleh, rasa dan tekstur dari es krim yang dihasilkan. Semua faktor tidak berpengaruh terhadap kadar air dan total padatan dari es krim yang dihasilkan. Penelitian ini menghasilkan es krim dengan nilai overrun tertinggi dari formulasi daun sawi dan tapai singkong sebesar 40:60 dengan penstabil gum arab yaitu 19,21%, tetapi nilai tersebut belum memenuhi SNI 01-3713. Daya leleh tertinggi diperoleh pada es krim dengan penstabil gum arab dengan nilai berkisar 15-18 menit. Nilai kadar air dan total padatan es krim berbanding terbalik, dimana kadar air tertingi diperoleh dari es krim dengan rasio daun sawi dan tapai singkong sebesar 40:60 dengan penstabil gum arab, yaitu sebesar 71,83%, namun sebaliknya formulasi ini memiliki total padatan terendah yaitu sebesar 28,17%. Penilaian oleh panelis berdasarkan warna, aroma, rasa, tekstur, mouthfeel dan penerimaan keseluruhan membuktikan bahwa es krim dengan rasio daun sawi dan tapai singkong sebesar 40:60 serta penstabil CMC merupakan formula yang menghasilkan es krim yang paling disukai oleh panelis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN KONSENTRASI GARAM DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP ASINAN SAWI PUTIH (BRASSICA JUNCEA L) (SETIA MAGFIRAH, 2018)

JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L.) JUMLAH PEMBERIAN AIR DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L). (Fitriyani, 2015)

KAJIAN PENYIMPANAN SAWI HIJAU (BRASSICA JUNCEA L.) DALAM KEMASAN POLIPROPILEN PADA SUHU RENDAH (Cut Ida Rahmi, 2014)

PENGGUNAAN LAMPU TL DIMALAM HARI PADA SISTEM AEROPONIK TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA) DALAM GREENHOUSE (Rakhmat Z, 2021)

PENGARUH PEMBERIAN SERBUK DAUN SINGKONG TERHADAP ZAT BESI (FE) DALAMRNDARAH AYAM (BROILER) (irwan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy