//

GAMBARAN POLA MAKAN TERHADAP RESIKO TERJADINYA GASTRITIS PADA SANTRI DI YPI DARUSSA’DAH COT TAROM BAROH BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASNIZA MUTIA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Gastritis merupakan penyakit yang menyerang daerah lambung, penyakit ini sering menyerang pada orang yang terbiasa makan makanan yang terlalu asam, pedas dan sering telat makan. Di Indonesia angka kejadian gastritis cukup tinggi, dari penelitian yang dilakukan oleh Dapartemen RI tahun 2013 angka kejadian gastritis di beberapa kota di indonesia salah satunya di Aceh yaitu sekitar 31,7 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang gambaran pola makan terhadap resiko terjadinya gastritis pada santri di YPI darussa’adah Cot Tarom Bireuen. Adapun jenis penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan desain cross sectional studi , dimana polpulasi penelitian ialah seluruh santri kelas XII yang berjumlah 66 santri dengan menggunakan metode total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola makan terhadap resiko terjadinya gastritis pada santri di YPI darussa’adah Cot Tarom dilihat dari jenis makanan 85.0% beresiko, frekuensi makan 86.7% tidak beresiko dan porsi makan 51.7% beresiko. Di harapkan kepada para santri untuk terus menjaga pola makan agar terhindar dari pnyakit yang tidak diinginkan terutama penyakit gastritis dengan makan yang teratur serta menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya gastritis. Berdasarkan hasil direkomendaasikan kepada penanggung jawab pesantren agar lebih memperhatikan tentang pola makan santri, salah satunya yaitu mengenai jenis makanan yang disediakan di pesantren.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN KEKAMBUHAN GASTRITIS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Rika Ariyana, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT STRES DAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FAIRUZ ROJI AKBAR HSB, 2016)

MINAT SANTRI TERHADAP PELAJARAN PENJASORKES PADA SMP UMMUL AIMAN KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (DAHLIANA, 2015)

PEMBINAAN DISIPLIN DAN KEJUJURAN PADA SANTRI DI DAYAH ALMADINATUDDINIYAH DESA BLANG BLADEH KABUPATEN BIREUEUN (T Fadhlul Azmi, 2020)

KEPADATAN DAN POLA DISTRIBUSI KUPANG (GLAUCONOME VIRENS) DI KAWASAN MUARA SUNGAI TEUPOK BAROH KECAMATAN JEUMPA KABUPATEN BIREUEN (CHUTTAIMI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy