//

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA ZUHRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mutia Zuhra (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika pada Materi Perbandingan. Penelitian pngembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika yang valid praktis dan efektif. Sesuai dengan kurikulum pendidikan 2013 mewajibkan setiap guru menyusun perangkat pembelajaran secara mandiri, perangkat pembelajaran yang disusun tentunya harus memudahkan siswa dalam memahami dan menerapkan pengetahuannya dalam pemecahan masalah. Untuk membangun makna pengetahuan matematika, guru dapat memanfaatkan konteks yang berbasis pada nilai sisoal budaya di masyarakat, yang disebut dengan pembelajaran etnomatematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKPD, THB dan Bahan Ajar. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey. Namun, penelitian pengembangan ini dilakukan hanya sampai sembilan dari sepuluh tahapan. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dilakui dengan melakukan analisis kebutuhan, validasi para ahli dan melakukan evaluasi formatif dengan tiga kali uji coba (perorangan, kelompok kecil dan lapangan). Rata-rata hasil validasi masing-masing perangkat yang dikembangkan RPP 4,42, LKPD 4,37, THB 4,48 dan Bahan Ajar 4,35. Secara keseluruhan rata-rata perangkat pembelajaran menunjukkan kriteria valid dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga dikategorikan praktis, sesuai dengan hasil uji coba lapangan pada kelas VII-B MTsN 11 Bireuen. Hasil penilaian siswa terhadap perangkat pembelajaran 81,45% siswa memeberikan respon positif dan 88,24% ketuntansan belajar berdasarkan nilai tes hasil belajar. Kesimpulan daripada penelitian pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika yang dikembangkan dikategorikan valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Perangkat pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Dick & Carrey, Etnomatematika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA (Sera Delta Tanjung, 2017)

PEMBELAJARAN GEOMETRI MELALUI CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BLANGKEJEREN (Jumratul Sakdiah, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA GAYO DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA (ZUHRA RUHMI, 2019)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR (FATHIYA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy