//

PENGARUH PEMBERIAN AIR KELAPA DAN KALIUM IODAT TERHADAP SIFAT KIMIA, PERTUMBUHAN, HASIL DAN KANDUNGAN IODIUM DALAM BIJI JAGUNG MANIS (ZEA MAYS L. VAR. SACCHARATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MINARNI - Personal Name
SubjectGROWTH (PLANTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Hukum
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

MINARNI, 2014. Pengaruh Pemberian Air Kelapa dan Kalium Iodat Terhadap Sifat Kimia, Pertumbuhan, Hasil dan Kandungan Iodium Dalam Biji Jagung Manis (Zea mays L. Var. Saccharata). Tesis Magister, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, dibawah bimbingan Sufardi dan Muyassir ABSTRAK Peranan hara kalium sangat urgen dalam pertanian jagung manis. Senyawa kalium iodat dan air kelapa diduga dapat menjadi alternatif solusi terbaik. Penelitian yang bertujuan untuk mengamati pengaruh interaksi antara dosis kalium iodat dan air kelapa terhadap sifat kimia tanah, kandungan iodium dalam biji dan hasil tanaman jagung (Zea mays L. Var. Saccharata) yang berlangsung dari bulan September sampai Desember 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial dengan tiga ulangan. Ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor dosis kalium iodat dan air kelapa yang terdiri atas tiga taraf kalium iodat (0, 60, 90 kg ha-1) dan tiga taraf air kelapa (0, 5500, 11000 liter ha-1). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada efek interaksi antara dosis kalium iodat dan air kelapa terhadap tinggi tanaman umur 45 HST, pH tanah , N-total tanah dan K-dd. Terjadi efek interaksi antara dosis kalium iodat dan air kelapa terhadap tinggi tanaman umur 30 HST, bobot kering berangkasan, bobot segar tongkol per batang, bobot segar tongkol pertama, bobot segar tongkol kedua, bobot segar tongkol per hektar, panjang tongkol pertama, panjang tongkol kedua, kadar iodium dalam biji jagung dan P-tersedia. Pemberian kalium iodat dan air kelapa dapat meningkatkan kadar iodium dalam biji jagung 2,58 % bila dibandingkan dengan kadar iodium dengan pemberian 0 kg ha-1 kalium iodat dan air kelapa sebesar 0,36 %. Kata Kunci : Kalium iodat, air kelapa, kandungan iodium dan jagung manis

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN LIMBAH TAHU UNTUK MEMPERBAIKIRNSIFAT KIMIA DAN BIOLOGI TANAH PADA TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS VAR. SACCHARATA STURT L.) (Hidayani, 2014)

PENGARUH LAMA PRE-COOLING DAN SUHU PENYIMPANAN TERHADAP MUTU JAGUNG MANIS RN(ZEA MAYS SACCHARATA) (MAULIDAR, 2014)

PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA STURT) YANG DITUMPANGSARIKAN DENGAN KACANG-KACANGAN SERTA PEMBERIAN JENIS ZAT PENGATUR TUMBUH (Irwan, 2013)

ANALISIS PENDAPATAN DAN PEMASARAN USAHA TANI JAGUNG MANIS HIBRIDA PADA KELOMPOK TANI TGK BAK ASAN DI DESA LAMBADA PEUKAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Mulyani, 2015)

PENDUGAAN UMUR SIMPAN JAGUNG MANIS (ZEA MAYS SACCHARATA) MENGGUNAKAN PERSAMAAN ARRHENIUS MELALUI TAHAPAN PRE- COOLING PADA PENYIMPANAN DINGIN (Muzakir, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy