//

IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT PADA MASYARAKAT KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Verawati Tarigan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tarigan verawati, 2020. Identifikasi jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat pada masyarakat kecamatan dabun gelang, kabupaten gayo lues, Skripsi, Jurusan Pendidikan biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala PSDKU Unsyiah Gayo Lues. Pembimbing: (1) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si. (2) Dr. Muhibbuddin, M.S. Kata Kunci: Identifikasi, Tumbuhan Obat, Dabun Gelang, Zingiberaceae. Penelitian tentang identifikasi jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat pada masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues telah dilaksanakan pada bualan Agustus 2020. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui spesies-spesies tanaman yang digunakan sebagai obat, bagian organ tumbuhan yang digunakan sebagai obat, cara pengolahan dan cara penggunaan tanaman yang digunakan sebagai obat pada masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (secara tidak acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat 41 spesies tumbuhan dari 28 familia yaitu Cucurbitaceae, Lamiaceae, Crassulaceae, Asteraceae, Apiaceae, Euphorbiaceae, Lythraceae, Poaceae, Zingiberaceae, Liliaceae, Asphodeloideae, Fabaceae, Pandanaceae, Musaceae, Caricaceae, Araceae, Myrtaceae, Meliaceae, Lauracea, Cactaceae, Annonaceae, Piperaceae, Malvaceae, Amaranthaceae, Muntingiaceae, Salanaceae, Myristiceae, dan Bassallaceae. Familia yang tertinggi adalah familia Cucurbitaceae, Fabaceae, Araceae, dan euphorbiaceae. Bagian-bagian dari tumbuhan yang digunakan sebagai obat yaitu daun, rimpang, umbi, biji, dan buah dan yang paling banyak digunakan sebagai obat yaitu daunnya. Cara pengolahan tumbuhan yang digunakan sebagai obat ada enam cara yaitu ditumbuk, direbus, direndam, diparut, diremas, dan ada dipanggang atau dibakar. Masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues masih menggunakan tumbuhan sebagai obat yang masih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES PERALIHAN USAHA TANI NILAM KE SERAI WANGI DI KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES 1998-2014 (VERA, 2016)

ANALISIS PENDAPATAN DAN EFISIENSI PEMASARAN USAHATANI SERAI WANGI DI KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES (LINDA RAHMAYANTI, 2016)

PEMANFAATAN TUMBUHAN SEBAGAI OBAT DIABETES MELLITUS DAN DARAH TINGGI DI KECAMATAN BLANGJERANGO KABUPATEN GAYO LUES (KARTIKA WATI, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PETANI BERUSAHATANI SERAI WANGI DI KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES (Rum Yanti, 2015)

IDENTIFIKASI JENIS-JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL YANG DIGUNAKAN PASCA PERSALINAN DI KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES. (KASMAINI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy