IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT PADA MASYARAKAT KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT PADA MASYARAKAT KECAMATAN DABUN GELANG KABUPATEN GAYO LUES


Pengarang

Verawati Tarigan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606150010004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (Gayo Lues) (S1) / PDDIKTI : 84026

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Tarigan verawati, 2020. Identifikasi jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat pada masyarakat kecamatan dabun gelang, kabupaten gayo lues, Skripsi, Jurusan Pendidikan biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala PSDKU Unsyiah Gayo Lues.
Pembimbing:
(1) Dr. Safrida, S.Pd., M.Si. (2) Dr. Muhibbuddin, M.S.

Kata Kunci: Identifikasi, Tumbuhan Obat, Dabun Gelang, Zingiberaceae.
Penelitian tentang identifikasi jenis tumbuhan yang digunakan sebagai obat pada masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues telah dilaksanakan pada bualan Agustus 2020. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui spesies-spesies tanaman yang digunakan sebagai obat, bagian organ tumbuhan yang digunakan sebagai obat, cara pengolahan dan cara penggunaan tanaman yang digunakan sebagai obat pada masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (secara tidak acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat 41 spesies tumbuhan dari 28 familia yaitu Cucurbitaceae, Lamiaceae, Crassulaceae, Asteraceae, Apiaceae, Euphorbiaceae, Lythraceae, Poaceae, Zingiberaceae, Liliaceae, Asphodeloideae, Fabaceae, Pandanaceae, Musaceae, Caricaceae, Araceae, Myrtaceae, Meliaceae, Lauracea, Cactaceae, Annonaceae, Piperaceae, Malvaceae, Amaranthaceae, Muntingiaceae, Salanaceae, Myristiceae, dan Bassallaceae. Familia yang tertinggi adalah familia Cucurbitaceae, Fabaceae, Araceae, dan euphorbiaceae. Bagian-bagian dari tumbuhan yang digunakan sebagai obat yaitu daun, rimpang, umbi, biji, dan buah dan yang paling banyak digunakan sebagai obat yaitu daunnya. Cara pengolahan tumbuhan yang digunakan sebagai obat ada enam cara yaitu ditumbuk, direbus, direndam, diparut, diremas, dan ada dipanggang atau dibakar. Masyarakat Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues masih menggunakan tumbuhan sebagai obat yang masih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK