//

PERBEDAAN EFEK MEROKOK KONVENSIONAL TEMBAKAU DAN NICOTINE REPLACEMENT THERAPY ROKOK ELEKTRIK TERHADAP SMOKER’S MELANOSIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIZKI RACHMAYANI SITINJAK - Personal Name

Abstrak/Catatan

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan kematian. Pada rongga mulut kebiasaan merokok dapat menimbulkan lesi hiperpigmentasi yang dikenal dengan smoker’s melanosis. Rangsangan asap dan panas rokok yang terus-menerus menyebabkan deposisi melanin sel basal mukosa. Rokok konvensional tembakau merupakan rokok yang banyak digunakan. Penggunaan rokok elektrik sebagai Nicotine Replacement Therapy juga berkembang pesat saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan efek merokok konvensional tembakau dan Nicotine Replacement Therapy rokok elektrik terhadap smoker’s melanosis. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional. Pengambilan subjek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan 35 perokok konvensional tembakau dan 35 perokok elektrik. Gingiva subjek dinilai menggunakan indeks pigmentasi Takashi et al. Hasil analisis dengan uji Spearman menunjukkan jumlah rokok konvensional tembakau dan jumlah liquid rokok elektrik berpengaruh signifikan terhadap smoker’s melanosis (p0,05) dengan lama merokok konvensional tembakau memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan merokok elektrik. Kadar nikotin rokok konvensional tembakau tidak berpengaruh signifikan terhadap smoker’s melanosis (p>0,05) sedangkan kadar nikotin rokok elektrik berpengaruh signifikan terhadap smoker’s melanosis (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI, DURASI, JENIS ROKOK, DAN KADAR NIKOTIN DENGAN SMOKER’S MELANOSIS PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Cut Dinda Sonia Tia, 2015)

GAMBARAN KELUHAN MULUT KERING (SEROSTOMIA) PADA PENGGUNA ROKOK ELEKTRIK (E-CIGARETTE) (STUDI PADA KOMUNITAS ACEH CLOUD SYNDICATE KOTA BANDA ACEH) (NAJLA ASYURA, 2021)

PERBEDAAN STAIN PADA GIGI PEROKOK KONVENSIONAL DAN PEROKOK ELEKTRIK (RAHMAH SYAFITRI, 2021)

PERILAKU DAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA KESEHATAN ROKOK ELEKTRIK (VAPOR) PADA KOMUNITAS VAPORIZER KOTA BANDA ACEH (RICKY RAHMADHANA PUTRA, 2020)

PERAN MEDIA BARU DALAM MENGUBAH PERILAKU PEROKOK TEMBAKAU KE ELEKTRIK DI KOTA BANDA ACEH (Iwan Sunaria, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy