//

ANALISIS KOMPERATIF TINGKAT KEUNTUNGAN USAHATANI JAGUNG HIBRIDA PANEN MUDA DAN PANEN TUA (PIPIL) (STUDI KASUS DI DESA BLANG LAMBARO KEC.AMATAN LEMBAH SEULAWAH ACEB BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurita Puri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nurita Puri dengan judul skripsi "Analisis Komperatif Tingkat Keuntungan Usahatani Jagung Hibrida Panen Muda Dan Panen Tua (Pipil) (Studi Kasus di Desa Blang Lambaro Kecamatan Lembah Seulawah Aceh Besar)" dengan pembimbing utarna Bapak Dr. lr. Indra, M.P serta Bapak Dr. Ir. Fajri Jakfar, M.Sc selaku pembimbing kedua. Adapun permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah berapakah perbedaan pendapatan antara usahatani jagung hibrida panen muda dengan usahatani jagung panen tua (pipil) dan faktor apa saja yang mempengaruhi petani dalam melakukan panen muda dan tu.a (pipil) terhadap jagung hibrida. Penelitian ini dilakukan di Desa Blang Lambaro Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Adapun kondisi responden yang diteliti terbatas pada desa Blang Larnbaro Kecamatan Lembah Seulawah. Objek penelitian yang diambil adalah para petani, yang mempunyai lahan pertanian tanaman Jagung Hibrida di daerah kawasan Blang Lambaro Kecamatan Lembah Seulawah. Adapun ruang lingkup penelitian ini khususnya pada perbandingan pendapatan usahatani jagung hibrida panen rnuda dengan jagung hibrida panen tua (pipil). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendapatan usahatani jagung hibrida panen mudah dan panen tua (pipil) serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi petani dalam melakukan panen muda dan tua (pipil) terhadap jagung hibrida. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan petani yang terdapat di desa Blang Lambaro yang rnengusahakan jagung kemudian beralih ke usahatani Jagung Hibrida. Jumlah populasi petani hibrida panen dan hibrida panen tua (pipit) masing-masing sebanyak 35 orang. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah strati.field random sampling (sampel acak berstrata), hal ini disebabkan terdapat 2 kelompok petani yaitu petani yang menanamjagung hibrida panen muda dan panen tua. Besarnya pendapatan usahatani yang diterima oleh para petani jagung hibrida panen muda yaitu mencapai Rp.8.602.909 per Ha per MT, sedangkan untuk usahatani jagung hibrida panen tua (pipilan) sebesar Rp.5.991.818 per Ha per MT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan jagung hibrida panen muda dengan jagung hibrida panen tua (pipilan) dimana tingkat perbedaan tersebut sangat signifikan. Faktor yang mempengaruhi para petani untuk memilih usahatani jagung hibrida panen muda diantaranya adalah factor walctu produksi yang lebih cepat, harga jual lebih tinggi, meminimalisir resiko dan waktu pergiliran tanaman lebih cepat. Adapun saran yang dapat penulis berikan berdasark:an kesimpulan diatas adalah sebagai berikut : Untuk peningkatan pendapatan pada usahatani jagung hibrida di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar sebaiknya pengunaan faktor produksi lebih diperhatikan dengan demikian akan meningkatkan produksi dan pendapatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN PEREMPUAN DALAM USAHAT ANI BENGKUANG DI DESA BLANG LAMBARO KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Dewi Sartika, 2020)

ANALISIS PERBEDAAN PENDAPATAN USAHATANI JAGUNG MANIS DAN JAGUNG HIBRIDA DI KECAMA TAN LEMBAH SEULA WAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rizka Hasmiyani, 2020)

ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR (RAHMANIZA, 2020)

ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN BENGKUANG DI DESA BLANG LAMBARO KECAMATAN ACEH BESAR (cut mutia, 2013)

PERBANDINGAN KEUNTUNGAN USAHATANI BENGKUANG DAN UBI JALAR YANG DITUMPANGSARIKAN PADA LABAN TANAMAN KAKAO DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Fhadilah Andriany, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy