PENGARUH KOMPOS DAN DOLOMIT TERHADAP BEBERAPA SIFAT FISIKA DAN KIMIA ULTISOL RNDAN HASIL TANAMAN KEDELAI (GLYCINE RNMAX L. MERRIL) PADA LAHAN BERTERAS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH KOMPOS DAN DOLOMIT TERHADAP BEBERAPA SIFAT FISIKA DAN KIMIA ULTISOL RNDAN HASIL TANAMAN KEDELAI (GLYCINE RNMAX L. MERRIL) PADA LAHAN BERTERAS


Pengarang

DEDI SYAPUTRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1009200040011

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Konservasi Sumber Daya Lahan (S2) / PDDIKTI : 54153

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

631.86

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

DEDI SYAPUTRA, 2014. Pengaruh Kompos dan Dolomit terhadap beberapa Sifat Fisika dan Kimia Ultisol dan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max L. Merril) pada Lahan Berteras. Tesis Magister, Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, di bawah bimbingan Rusli Alibasyah dan Teti Arabia.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kompos dan dolomit terhadap beberapa sifat fisika dan kimia Ultisol dan hasil kedelai pada lahan berteras. Penelitian menggunakan rancangan acak kelompok (RAK), yang terdiri dari 2 faktor, yaitu pemberian kompos dan dolomit. Parameter yang diamati meliputi tiga aspek yaitu : (1) sifat fisika tanah (2) sifat kimia tanah, dan (3) pertumbuhan serta hasil kedelai. Hasil penelitian pemberian kompos berpengaruh sangat nyata terhadap penurunan bulk density, peningkatan total porositas, permeabilitas, indeks stabilitas agregat, pori drainase cepat, pori air tersedia, kadar air tanah pada pF 2,54, kadar air pada pF 4,2, dan berpengaruh nyata terhadap pori drainase lambat, serta berpengaruh sangat nyata terhadap peningkatan P-tersedia, berpengaruh nyata terhadap C-organik, N-total, kapasitas tukar kation (KTK), dan kejenuhan basa (KB). Pemberian dolomit berpengaruh sangat nyata terhadap bulk density, dan berpengaruh nyata terhadap porositas, permeabilitas, pori drainase lambat, pori air tersedia dan tidak berpengaruh nyata pada indeks stabilitas agregat,pori drainase cepat, kadar air pada pF 4,54 dan 4,2, serta berpengaruh nyata terhadap N-total, KTK, KB, tidak berpengaruh nyata terhadap C-organik. Interaksi pemberian kompos dan dolomit berpengaruh sangat nyata terhadap peningkatan pH H2O tanah. Pemberian kompos berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi tanaman umur 30, 45 hari setelah tanam (HST), cabang produktif, polong hampa, polong berisi, berat biji per tanaman, hasil per hektar, dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 15 HST, berat 100 biji. Pemberian dolomit berpengaruh sangat nyata terhadap cabang produktif, polong hampa, polong berisi, hasil per hektar, dan berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 15, 30, 45 HST, berat biji per tanaman dan berat 100 biji.
Kata kunci : Pupuk kompos, kapur dolomit, tanaman kedelai, lahan berteras

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK