ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFIT MARGIN PETANI KENTANG DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFIT MARGIN PETANI KENTANG DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH


Pengarang

Nurhayati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102010093

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nurhayati dengan judul "Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Profit Margin Petani Kentang di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah", dengan Bapak Dr.Ir. Mustafa Usman, M.S selaku pembimbing utama dan Bapak Dr. Ir. Sofyan, M.Agric.Sc selaku pembimbing kedua.




Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah besarnya marjin dan profit marjin yang diterim.a oleh petani lebih besar dari pada biaya pemasaran (Marketing Margin) kentang dari setiap tipe saluran pemasaran dan apakah tingkat volume penjualan, harga jual dan biaya pemasaran (Marketing Margin) selama proses pemasaran dapat mempengaruhi profit margin petani kentang di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya profit marjin dan marjin pemasaran yang diterima petani dari setiap tipe saluran pemasaran dan lembaga pemasaran lainnyadan Untuk mengetahui pengaruh volume penjualanharga jual, dan biaya pemasaran (Marketing Margin) selama proses pemasaran terhadap profit marjin petani kentang.



Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian ini adalah petani kentang dan pedagang perantara pemasar an kentang yang berada di Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (Simple Random Sampling).Hasil penelitian menunjukkan bahwa Besarnya biaya pemasaran (marjin pemasaran) pada Tipe I adalah sebesar 3.500,- per Kg atau 50% dari harga pada tingkat lembaga paling akhir dan profit margin yang diterima petani yaitu sebesar Rp. 3.500,- per Kg atau 50%, pada Tipe II besarnya biaya pemasaran (marjin pemasaran) yang diperlukan yaitu sebesar Rp. 1.500,- per Kg atau 30% dan profit marjin yang diteri.ma petani yaitu sebesar Rp. 3.500,- per Kg atau 70%, pada Tipe ill yaitu besarnya biaya pemasaran (marjin pemasaran) yang diperlukan sebesar 3.330,- Per Kg atau 47,57% dan profit marjin yang diterima petani yaitu sebesar Rp. 3.670,- Per Kg atau 52,43%, pada Tipe IV yaitu besamya biaya pemasaran (marjin pemasaran)yang diperlukan sebesar Rp. 1.330,- per Kg atau 26,60% dan profit marjin yang diterima petani yaitu sebesar Rp. 3.670,- Per Kg atau 73,40%, dan pada Tipe V yaitu besarnya biaya pemasaran (marjin pemasaran) yang diperlukan sebesar Rp. 135,- per Kg atau 3% dan profit marjin yang diterima petani yaitu sebesar Rp. 4.365,- Per Kg atau 97%. Volume Penjualan, Harga jual, dan Biaya Pemasaran (Marketing Margin) kentang, selama proses pemasaran berpengaruh nyata terhadap profit margin petani kentang hal ini dilihat dari basil penguj ian harga koefisien Fcan dibandingkan dengan Fae pada tingkat alpha 0,05. Dari hasil analisis diperoleh nilai F earl sebesar 283,924 sedangkan F tabel sebesar 4,87. Hal ini menunjukkan bahwa F a > F aset, maka terima H, dan Tolak H, Sedangkan Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menunjuk.kan bahwa nilai t can untuk variabel volume penjualan (X) =-1,620, harga jual (X) = 22,749, biaya pemasaran (X9) = -2,266, sementara itu untuk t tabet pada taraf 0,05 benilai = 1,72. Hasil pembuktian statistik tentang keberartian koefisien tinier pada persamaan regresi yang telah dilakukan menunjukkan untuk varible volume penjualan pada taraf 5% tidak berpengaruh nyata terhadap profit margin petani terima H, dan Tolak H~. Untuk
variable harga jual dan biaya pemasaran (Marketing Margin) berpengaruh nyata terhadap profit margin petani pada taraf kepercayaan 5%, maka terima Ha dan Tolak H%.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK