//

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI PADI SAWAH DI DESA BEURADEN KECAMATAN PEKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Endang Priatna - Personal Name

Abstrak/Catatan

Endang Priatna Efisiensi Penggunaan Faktor - Faktor Produksi Pada Usahatani Padi Sawah Di Desa Beuradeun Kecamatan Pekan Bada Kabupaten Aceh Besar di bawah bimbingan Ibu Agustina Arida., SP. M.Si sebagai pembimbing utama dan lbu Zakiah, S.P, M.Si sebagai pembimbing anggota. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil produksi padi sawah dan apakah penggunaan faktor luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja pada usahatani padi sawah di Desa Beuradeun Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar tersebut telah efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi dari penggunaan faktor-faktor produksi seperti luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja pada usahatani padi sawah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Metode pengambilan sampel dan pengumpulan data dilakukan secara (Stratified Random Sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara langsung dan melalui pengisian angket/kuisioner (daftar pertanyaan) yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Dalam analisis data digunakan model analisis Cobb Douglas. Secara serempak luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh sangat nyata terhadap penggunaan faktor produksi pada usahatani padi sawah. Namun secara parsial hanya faktor Luas lahan,dan penggunaan tenaga kerja berpengaruh nyata terhadap peningkatan produksi padi sawah didaerah penelitian. Hasil analisis efisiensi menunjukan bahwa jumlah bibit dan pupuk tidak efisien sehingga perlu pengurangan, sedangkan untuk faktor luas lahan, pestisida dan umlah tenaga kerja belum efesien sehingga perlu penambahan. Dalam upaya meningkatkan produksi padi sawan di daerah penelitian, maka harus dilakukan berbagai upaya agar petani dapat dan mau mengatur kembali kombinasi dan penggunaan faktor-faktor produksi sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Untuk meningkatkan keuntungan, maka petani perlu melakukan penambahan faktor produksi pada luas lahan, pestisida, dan tenaga kerja, sedangkan untuk jumlah bibit dan pupuk perlu pengurangan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI MODAL DAN TENAGA KERJA PADA USAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Al Riskika Putri, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEMI ORGANIK DAN NON ORGANIK DI DESA SEUMEUREUNG KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (Suci Savira, 2021)

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI PADA USAHATANI PADI DI KECAMATAN DELIMA KABUPATEN PIDIE (Julia, 2020)

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DENGAN PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK DI DESA LAMBEUGAK KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR (Rizki Aulia, 2021)

ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN FAKTOR PRODUKSI TERHADAP PENERIMAAN PETANI PADI DENGAN SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (RISKA AMELIA SARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy