//

PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PDRB PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TRIARA JUNIARSIH - Personal Name

Abstrak/Catatan

TRIARA JUNIARSIH "Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sektor Pertanian Terhadap PDRB Provinsi Aceh" dengan pembimbing utama Bapak Ir. T. Makmur, M.Si dan pembimbing kedua lbu Dr. Ir. Safrida, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh PDRB Sektor Pertanian terhadap PDRB Provinsi Aceh dan untuk mengetahui sub sektor pertanian mana yang mempengaruhi PDRB Sektor Pertanian. Objek penelitian ini berfokus pada PDRB Provinsi Aceh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data sekunder dalam bentuk data Time Series atau data berkala dari tahun ketahun, yaitu dari tahun 1996-2010. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.Berdasarkan hasil penelitian memperlihatkan bahwa setiap peningkatan PDRB sektor pertanian sebesar satu milyar rupiah maka PDRB Aceh akan mengalami peningkatan sebesar 1,919 milyar rupiah. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,885 yang artinya keragaman variabel penjelas dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 88.5%. Variasi perubahan PDRB dipengaruhi oleh sektor pertanian, industri, dan Jasa sedangkan sisanya 11,5% dipengaruhi oleh sektor-sektor lain diluar sektor pertanian, industri, dan jasa. Berdasarkan hasil analisis regresi pada persamaan PDRB Aceh dapat disimpulkan secara parsial bahwa PDRB sektor pertanian, PDRB sektor industri pengolahan dan PDRB sektor jasa berpengaruh nyata terhadap PDRB Aceh. Setelah menganalisis kelima sub sektor pertanian dapat dilihat bahwa sub sektor kehutanan merupakan sub sektor yang memberikan kontribusi terbesar dan mempengaruhi PDRB sektor pertanian dengan koefisien kehutanan sebesar 1,024 yang berarti bahwa setiap kenaikan kehutanan sebesar satu milyar rupiah maka akan meningkatkan PDRB sektor pertanian menjadi 1,024 milyar rupiah. Dimana nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 1,00. Artinya keragaman variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 100%, dipengaruhi oleh sub sektor Tabama, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan, dan Perikanan. Peningkatan PDRB sektor pertanian mampu meningkatkan PDRB Provinsi Aceh. Dan dari seluruh sub sektor pertanian, sub sektor kehutanan memberi sumbangan terbesar untuk peningkatan PDRB sektor pertanian di Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH (Raisa Fajri, 2018)

PERKEMBANGAN KOTA LHOKSEUMAWE, 1974-2014 (STUDI TENTANG: PEREKONOMIAN) (jannaturridha, 2016)

PENGARUH PMDN, PMA, TENAGA KERJA DAN LUAS LAHAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) SEKTOR PERTANIAN DI PROVINSI ACEH (Evi Safira, 2017)

PENGARUH JUMLAH TENAGA KERJA, EKSPOR, INVESTASI DAN KREDIT PERBANKAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB)RN SEKTOR PERTANIAN PROVINSI ACEH (ANITA FAIZIAH, 2014)

PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PDRB PROVINSI ACEH (TRIARA JUNIARSIH, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy