//

HUBUNGAN ANTARA PENYAKIT JANTUNG DENGAN TINGKAT KEPARAHAN STROKE ISKEMIK AKUT BERDASARKAN INDEKS BARTHEL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FANNY RIZKI RAMADHINI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular (non-communicable disease) penyebab kematian nomor dua dan penyebab utama kecacatan di dunia. Hasil Riskesdas tahun 2018 menunjukkan prevalensi stroke di Indonesia meningkat dari 7% menjadi 10,9% dan khususnya di Provinsi Aceh juga mengalami peningkatan dari 6,6% menjadi 7,8%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penyakit jantung dengan tingkat keparahan stroke iskemik akut berdasarkan indeks barthel. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 88 orang yang diambil dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis rekam medis pasien stroke iskemik akut berdasarkan indeks barthel di RSUDZA Banda Aceh tahun 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 53,4% responden tidak memiliki riwayat penyakit jantung, 76,1% responden memiliki riwayat hipertensi, 56,8% responden memiliki riwayat diabetes mellitus dan 60,2% responden mengalami stroke dengan tingkat tidak parah. Berdasarkan hasil analisis chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara riwayat penyakit jantung dengan tingkat keparahan stroke iskemik akut berdasarkan indeks barthel (p=0,013), terdapat hubungan antara riwayat hipertensi dengan tingkat keparahan stroke iskemik akut berdasarkan indeks barthel (p=0,032), terdapat hubungan antara riwayat diabetes mellitus dengan tingkat keparahan stroke iskemik akut berdasarkan indeks barthel (p=0,017). Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa penyakit jantung memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap tingkat keparahan stroke iskemik akut dengan nilai sebesar 0,014. Kata Kunci: Tingkat keparahan stroke, penyakit jantung, hipertensi, diabetes mellitus, indeks barthel

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HIPERGLIKEMIA REAKTIF DENGAN KEMAMPUAN ACTIVITY DAILY LIVING PADA PASIEN STROKE ISKEMIK AKUT (NIDIA ZANDRA ZULKIFLI, 2021)

HUBUNGAN LOKASI DAN LUAS LESI INFARK DENGAN KENAIKAN SKOR BARTHEL INDEX PADA PASIEN STROKE ISKEMIK (Rabina Mulia Sari, 2018)

PERBEDAAN STATUS FUNGSIONAL PASIEN STROKE ISKEMIK DAN STROKE HEMORAGIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Noviana Husdayanti, 2017)

HUBUNGAN GAMBARAN ELEKTROKARDIOGRAM DENGAN STROKE ISKEMIK AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rahmadaniartini Bay, 2015)

PERANAN OBESITAS PADA STROKE ISKEMIK AKUT (Neysa Azalia Efrimaisa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy