PERBANDINGAN MODEL RESISTIVITAS YANG DIHASILKAN DARI INVERSI 2D DATA MT MODE TE, MODE TM DAN MODE TE+TM (STUDI KASUS PADA SESAR SUMATERA SEGMEN ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN MODEL RESISTIVITAS YANG DIHASILKAN DARI INVERSI 2D DATA MT MODE TE, MODE TM DAN MODE TE+TM (STUDI KASUS PADA SESAR SUMATERA SEGMEN ACEH)


Pengarang

Masykur Rizal - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0808102010041

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas mipa., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

537.62

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan model resistivitas yang dihasilkan dari inversi 2D data magnetotellurik, mode TE, mode TM dan mode TE+TM pada zona Sesar Sumatera Segmen Aceh. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah Magnetotellurik unit (MTU-5A) pada range frekuensi 0.86-320 Hz. Pengukuran dilakukan pada 2 lintasan yang memotong jalur Sesar Sumatera masing-masing sepanjang 88 Km dan 117 Km. Data yang diukur berupa dua komponen medan lisrik dan tiga komponen medan magnetik. Nilai resistivitas semu dan phase yang terukur dijadikan sebagai input untuk pemodelan dengan menggunakan code MT2DInv (Yi, 2003). Hasil dari penelitian ini didapat bahwa pada mode TE area yang konduktif terlihat dengan jelas, berbeda dengan hasil pada mode TM, dimana pada mode ini area yang resistif yang terlihat jelas. Sedangkan untuk mode TE+TM area konduktif dan resistif kedua-duanya dapat telihat dengan jelas. Untuk menginterpretasikan keberadaan Sesar Sumatera hasil dari mode TE dan mode TE+TM cocok digunakan, karena Sesar Sumatera berada pada area yang konduktif.

Kata kunci : Resistivitas, Sesar Sumatera, Magnetotellurik

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK