//

GAMBARAN KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANIRNKATETERISASI JANTUNG DIRUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NAJA SOVIA - Personal Name
SubjectHEART DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 26 Juni 2013 47 halaman + VI Bab + 3 tabel + 1 skema + 18 lampiran CUT NAJA SOVIA 0907101020037 GAMBARAN KECEMASAN PSIKOLOGIS PASIEN YANG AKAN MENJALANI KATETERISASI JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang terjadi karena adanya stenosis pada pembuluh koroner jantung. Untuk mendeteksi tingkat stenosis tersebut diperlukan pemeriksaan invasif kateterisasi jantung. kateterisasi jantung adalah suatu tindakan invasif yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya keadaan abnormal pada arteri koroner, mengukur tekanan dan saturasi didalam ruang-ruang jantung. kateterisasi jantung dapat menimbulkan reaksi psikologis berupa kecemasan pada pasien karena merupakan prosedur yang masih asing di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecemasan psikologis pasien yang akan menjalani kateterisasi jantung di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif. Desain penelitian cross sectional study melalui pendekatan consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 pasien yang akan menjalani kateterisasi jantung. Pengumpulan data dengan membagi kuisioner yang terdiri dari 20 item pernyataan dalam skala likert. Metode analisis data dengan menggunakan uji statistik univariat, hasil penelitian menunjukkan kecemasan psikologis pasien yang akan menjalani kateterisasi jantung berada pada kecemasan sedang (80%). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan perawat dapat lebih meningkatkan pendidikan kesehatan kepada pasien, terkait dengan pemberian penjelasan tentang prosedur secara lebih komprehensif, melakukan intervensi keperawatan untuk mengurangi kecemasan pasien. Kata kunci : kateterisasi jantung, kecemasan, Daftar bacaan : 40 buku + 3 skripsi + 3 jurnal (2000-2013)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI RUMAH SAKIT DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (zakiarrahman, 2016)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG AKAN MENJALANI KATETERISASI JANTUNG DI BANDA ACEH 2013 (Puteri Insyirah Sukmana, 2014)

HUBUNGAN ILLNESS ACCEPTANCE DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Siti Arafah, 2020)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANI PROSEDUR KATETERISASI JANTUNG DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Andrija Rahmatika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy