//

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TENAGA KESEHATAN TERHADAP KESIAGAAN MENGHADAPI PANDEMI COV¬ID-19 DI KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURDARLILA ARMITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang menyerang sistem pernapasan manusia. Tenaga kesehatan adalah salah satu populasi yang berisiko tinggi terinfeksi COVID-19 dikarenakan paparan patogen, tekanan mental, dan kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan terhadap kesiagaan menghadapi pandemi COVID-19 di Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 337 tenaga kesehatan yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online (google form) kepada tenaga kesehatan yang tersebar pada 12 puskesmas di Kabupaten Pidie Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 58,5% responden memiliki pengetahuan yang baik, 52,5% responden memiliki sikap yang positif, 84% responden memiliki perilaku yang baik dan 51,3% responden memiliki kesiagaan yang baik. Berdasarkan hasil analisis dengan uji Chi-Square didapatkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan tenaga kesehatan terhadap kesiagaan menghadapi pandemi COVID-19 (p value = 0,022), terdapat hubungan antara sikap tenaga kesehatan terhadap kesiagaan menghadapi pandemi COVID-19 (p value = 0,003), terdapat hubungan antara perilaku tenaga kesehatan terhadap kesiagaan menghadapi pandemi COVID-19 (p value = 0,006). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku tenaga kesehatan terhadap kesiagaan menghadapi pandemi COVID-19 di Kabupaten Pidie Jaya. Kata Kunci: COVID-19, pengetahuan, sikap, perilaku, kesiagaan, tenaga kesehatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN DAN SIKAP TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI RISIKO BANJIR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PIDIE JAYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN DALAM MENGHADAPI RISIKO BENCANA BANJIR (FAKHRURRAZI, 2016)

TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KEGAWATDARURATAN BENCANA GEMPA BUMI PADA TENAGA KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM PIDIE JAYA DENGAN PUSKESMAS MEUREUDU (WAFAUN NISA, 2020)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT DESA NEUSU JAYA TENTANG PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DENGAN KUNJUNGAN KE PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (POCUT DARA MUCHTAR, 2021)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH (R.A. NINGRUM PRATIWI A, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS MEURAXA BANDA ACEH TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASCABENCANA (Cut Rizki Amelia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy