//

ANALISIS RISIKO USAHA TAMBAK GARAM RAKYAT (STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI SIRA LAMNGA DI DESA LAM UJONG KECAMATAN BAITUSSALAM KABPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fajri - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Provinsi Aceh dikenal dengan daerah maritim yang memiliki sumber daya pada wilayah laut dan pesisirnya. Dengan panjang garis pantai 2.666,27 Km Aceh sangat berpotensi mengembangkan usaha tambak garam rakyat. Usaha tambak garam rakyat di Desa Lam Ujong Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar merupakan usaha tambak garam rakyat skala kecil oleh Kelompok Tani Sira Lamnga yang sudah berjalan selama 7 tahun yang mulai dikelola sejak tahun 2013. Proses pengolahan garam yang dikerjakan menggunakan metode tradisional, hasil produksi menggunakan metode penggaraman ini yang biasanya untuk konsumsi rumah tangga dan memenuhi kebutuhan permintaan dari pengusaha kuliner di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dengan mengidentifikasi risiko pada usaha tambak garam rakyat Kelompok Tani Sira Lamnga di Desa Lam Ujong Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, dan mengetahui tingkat risiko apa saja yang mempengaruhi usaha tambak garam rakyat Kelompok Tani Sira Lamnga di Desa Lam Ujong Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, dengan tujuan agar para petambak garam dapat meningkatkan hasil produksinya. Berdasarkan metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari bentuk data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang akan didapatkan melalui wawancara langsung dengan expert dilakukan untuk mengetahui risiko terjadi dan mungkin terjadi, mengetahui penyebab (impact), dampak (impact) dan kemungkinan (Likelihood) risiko. Expert pada penelitian ini adalah ketua Kelompok Tani Sira Lamnga sebagai pihak yang dianggap paling mengetahui akan segalanya baik keadaan maupun segala proses usaha tambak garam rakyat dikarenakan sudah sangat berpengalaman pada proses usaha tambak garam rakyat dengan metode tradisional. Risiko iklim dan cuaca dengan Kondisi cuaca pada saat proses evaporasi air asin menjadi air tua pada musim hujan (AL2) memiliki tingkat risiko yang paling tinggi dan sangat tinggi. Dampak yang dihasilkan dari kode risiko (AL2) sangat tinggi dan juga kemungkinan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI GARAM DI DESA LAMNGA KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR(HEKED BAI HEKER) (Cicik Ramadhani, 2020)

ANALISIS FINANSIAL INDUSTRI GARAM BERYODIUM PADA LANCANG SIRAMON SINGET DI DESA KA.JHU KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Zahratul Ulya, 2021)

ASPEK SOSIAL EKONOMI WANITA PEMBUAT GARAM DI DESA LAM N'GA KECAMATAN BAJTUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHRUL RIZAL . A, 2020)

ANALISIS KEUNTUNGAN PENGRAJIN GARAM DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Muhammad Ridha, 2021)

ANALISIS RANTAI NILAI DAN KELAYAKAN USAHATANI GARAM DI DESA CEBREK KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (Muammar Yasya Aulana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy