//

STUDI PEMASARAN GABAH DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Teuku Muhammad Iqbal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Teuku Muhammad Iqbal dengan judul skripsi "Studi Pemasaran Gabah Di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar", dengan pembimbing utama Bapak Dr. Ir. Sofyan, M.Agrice, Sc serta Bapak Dr. Ir. Mustafa Usman, M.S selaku pembimbing kedua. Adapun permasalah yang terdapat dalam penelitian ini adaJah Apakah tipe saluran pemasaran pabrik kilang padi dapal menguntungkan bagi petani dan apakah pada masing-masing tipe saluran pemasaran gabah di Kecarnatan Darul Imarah sudah efisien. Ruang lingkup penelitian ini hanya terbatas pada anaJisis sistem pemasaran, analisis margin, profit margin dan keuntungan pada setiap pelaku pemasaran gabah. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui tipe saluran pemasaran yang paling banyak digunakan para petani di daerah penelitian dalam pemasaran gabah kerirg giling dan untuk mengetahui efesiensi pemasaran gabah untuk setiap saluran pemasaran di daerah penelitian. Penentuan desa sarnpel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan mete-de sampel acak sederhana (Simple Random Sampling), besarnya desa sampel yang diam bi I sebesar I 0% dari 32 desa yang ada di Kecarnatan Darul Imarah. Maka jumlah desa yang dijadikan sampel adalah 3 desa yaitu Desa Lamcot, Denong dan Bayu. Sedangkan jumlah petani sampel diarnbil sebanyak 5% dari jumlah populasi yang ada pada ketiga desa tersebut. Saluran tipe pemasaran I yaitu tipe pemasaran dari petani langsung ke kilang padi yang paling banyak digunakan oleh para petani dilapangan, dibandingkan saluran tipe pemasaran 2.Saluran pemasaran yang digunakan untuk gabah oleh para petani sudah efisien dikarenakan setiap pelaku memperoleh share profit margin, walau besarannya berbeda-beda antara satu pelaku dengan pelaku lainnya. Diharapkan kepada para petani untuk meningkatkan share margin diharapkan agar menjaga kualitas gabah sehingga harga beli oleh kilang padi tetap sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) untuk harga gabah basah. Sedangkan untuk pedagang pengumpul diharapkan agar lebih mampu menjadi fasilitas pemasaran bagi petani dan hal tersebut dapat menambah peluang peningkatan pendapatan. Serta untuk kilang, dalam peningkatan pendapatan diharapkan kualitas pengolahan dari gabah menjadi beras dapat ditingkatkan sehingga harga beras yang diproduksi akan lebih stabil.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PEMASARAN GABAH DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Teuku Muhammad Iqbal, 2021)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Faridah, 2020)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (DESRA SAHPUTRA, 2017)

PEMANFAATAN IDRISI DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (ZIA FIRMAZA ULHAQ, 2020)

ANGKA CEMARAN MIKROB PADA TELUR PUYUH (COTURNIX-COTURNIX JAPONICA) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Aulia Ulfizar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy