//

OUTCOME BAYI YANG LAHIR DARI IBU DENGAN ANEMIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang POPI YOLANDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat global yang memengaruhi negara maju dan berkembang dengan tingkat kesakitan tinggi pada ibu hamil. Anemia pada kehamilan dapat mengakibatkan bayi lahir prematur, intrauterine growth restriction (IUGR), asfiksia neonatorum, apgar score rendah, anemia pada bayi, gangguan fungsi kognitif dan kematian bayi. Data dan publikasi mengenai anemia pada ibu hamil masih sedikit dan penelitian yang mengkaji ibu hamil anemia terhadap outcome bayi belum didapatkan publikasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dan outcome bayi yang lahir dari ibu dengan anemia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dekskriptif retrospektif, dengan desain penelitian potong lintang (cross sectional survey). Sampel penelitian ini menggunakan total sampling, dimana seluruh jumlah sampel yang sesuai kriteria diambil untuk dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini memeroleh 37 pasien (74%) berusia 20-35 tahun; 37 pasien (74%) memiliki paritas ≤ 3; 28 pasien (56%) dengan tingkat pendidikan SMA; 39 pasien (78%) tidak bekerja; 38 pasien (76%) mengalami anemia mikrositik hipokrom; dan 36 pasien (72%) memiliki derajat anemia sedang. Outcome bayi yang lahir dari ibu anemia adalah 11 bayi (20,8%) mengalami berat badan lahir rendah (BBLR), 4 bayi (7,5%) mengalami ikterus neonatorum, 3 bayi (5,7%) mengalami asfiksia, 3 bayi (5,7%) mengalami sepsis, 3 bayi (5,7%) mengalami respiratory distress syndrome, dan 1 bayi (1,9%) mengalami kematian. Hal diatas menunjukkan bahwa anemia pada ibu hamil lebih sering bersifat ringan sedang dan anemia mikrositik hipokrom serta BBLR merupakan outcome tersering.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA KEHAMILAN DENGAN ATONIA UTERI DAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUDZA OKTOBER 2016 – SEPTEMBER 2017 (ZHAFIRA SALSABILA Z, 2018)

EFEKTIFITAS PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU MERAWAT BAYI BBLR DI RUANG NICU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ilhami Putri, 2015)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SELF EFFICACY IBU MERAWAT BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK BANDA ACEH TAHUN 2015. (NOVI MULYANA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy