D. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (l) Luas lahan garapan petani pisang barangan di Kecamatan Lembah Seulawah adalah antara 0,25 - 2,5 Ha dengan luas lahan rata-rata per petani 1,40 Ha. Usahatani pisang barangan di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dapat memberikan pendapatan kepada peta.ni pisang barangan. Adapun rata-rata pendapatan bersih usahatani pisang barangan/Ha adalah sebesar Rp 29.761.916,83/Ha. (2) Pada saluran pemasaran tipe I dan H, share (proporsi) yang diterima petani lebih besar dibandingkan saluran pernasaran lainnya yaitu sebesar I 00% pada tipe I; 71,43 % pada tipe 11: 58,33 % dari pedagang pengumpul; 46,05 % dari pedagang besar; dan 43.75 % dari pedagang pengecer pada tipe III. " /> //

ANALISIS PENDAPATAN DAN SALURAN PEMASARAN USABATANI PISANG BARANGAN (MUSA PARADISIACA LINN) DIKECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Mutia Andayani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rizka Mutia Andayani "Analisis Pendapatan dao Salurao Pemasaran Usahatani Pisang Barangan di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar" di bawah bimbingan Ibu Agustina Arida, SP, M.Si sebagai Pembimbing Utama dan Bapak Dr. Ir. Fajri Jakfar, M.Sc sebagai Pembimbing Kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besamya pendapatan dan saluran pemasaran usahatani pisang barangan di Kecam atan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan tenik pengambilan sampel dilakukan secara Two Stage Cluster Random Sampling sebesar 30% pada tahap I dan 2. Tiga kelompok petani terpilih dengan jumlah petani sampel sebanyak 6 orang pada masing-masing kelompok sehingga jumlah keseluruhan petani sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 18 orang. Kelompok yang dipilih sebagai sampel penelitian adalah Kelompok tani Sinar Harapan, Kelompok tani Sejahtera dan Kelompok tani Mudah Rezeki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata karakteristik petani sampel adalah dengan umur sebesar 39,6 tahun, pendidikan selama 11 tahun, pengalaman selama 2,5 tahun danjumlah tanggungan sebesar 3 jiwa. Ada 5 model analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Penerimaan (TR), Pendapatan Usahatani (Pd), Break Even Point (BEP) Volume Produksi, Break Even Point (BEP) Harga Produksi dan Benefit Cost Ratio (B/C Ratio).Dari hasil perhitungan diperoleh (1) Penerirnaan rata-rata per I Ha adalah sebesar Rp 38.675.000/Ha (2) pendapatan bersih usahatani rata-rata per I Ha sebesar Rp 29.761.916,83 (3) Break. Even Point (BEP) Produksi sebesar 357 Tandan/Ha per sekali panen. Ini menunjukkan bahwa pada penjualan pisang barangan sebesar 357 tandan, usaha tersebut tidak mengalami kerugian dan belum mendapat keuntungan. (4) Break Even Point (BEP) Harga Produksi sebesar Rp 5.762/ Tandan, ini berarti BEP harga produksi tercapai pada saat harga pisang barangan sebesar Rp 5.762/Tandan (5) Benefit Cost Ratio (B/C Ratio) sebesar 4,34 ini berarti setiap penambahan biaya produksi sebesar Rp I, maka akan memberikan benefit sebesar Rp 4,34. Selain itu angka 4,34 menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk diusahakan karena nilai 8/C ratio lebih besar dari I (B/C> D. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : (l) Luas lahan garapan petani pisang barangan di Kecamatan Lembah Seulawah adalah antara 0,25 - 2,5 Ha dengan luas lahan rata-rata per petani 1,40 Ha. Usahatani pisang barangan di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dapat memberikan pendapatan kepada peta.ni pisang barangan. Adapun rata-rata pendapatan bersih usahatani pisang barangan/Ha adalah sebesar Rp 29.761.916,83/Ha. (2) Pada saluran pemasaran tipe I dan H, share (proporsi) yang diterima petani lebih besar dibandingkan saluran pernasaran lainnya yaitu sebesar I 00% pada tipe I; 71,43 % pada tipe 11: 58,33 % dari pedagang pengumpul; 46,05 % dari pedagang besar; dan 43.75 % dari pedagang pengecer pada tipe III.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSPEK PENGEMBANGAN PISANG BARANGAN DI KEMUKIMAN SAREE KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmi Nurdin, 2021)

ANALISIS KEUNTUNGAN PERALIHAN TANAMAN JAGUNG MANIS KE TANAMAN PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULA WAH ACEH BESAR (RAHMANIZA, 2020)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL EKSTRAK KULIT PISANG BARANGAN (MUSA PARADISIACA L.) TERHADAP CANDIDA ALBICANS (Kartika Sari, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA PISANG BARANGAN (MUSA PARADISIACA VAR. BARANGAN) TERHADAP METHICILLIN-RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO (Muhammad Ikbar, 2015)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI PISANG BARANGAN DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Asra, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy