//

KAJI SISTEM PENGERINGAN IKAN KEUMAMAH MENGGUNAKAN OVEN PEMANGGANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HADI MUKAMMIL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Daerah Aceh termasuk penghasil ikan terbanyak dikarenakan sebagian besar daerahnya dikelilingi oleh lautan. Pengeringan di Aceh masih tradisional dimana salah satu prosesnya masih menggunakan sinar matahari dan saat terjadinya musim hujan maka proses pengeringan ini tidak dapat dilakukan. Maka dirancanglah alat pengeringan rak bertingkat dengan menggunakan energi bahan bakar gas elpiji sehingga proses pengeringan tidak dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur dalam proses pengeringan terhadap hasil bakal ikan keumamah. Penelitian dilakukan dengan 3 variasi temperatur pengeringan dimana pengujian pertama dimulai pada temperatur 100°C, pengujian kedua dimulai pada temperatur 80°C, dan pengujian ketiga dimualai pada temperatur 60°C sampai pengeringan selesai. Hasil dari ketiga pengujian ini yang paling bagus yaitu pada pengujian kedua dengan temperatur awal 80°C dan lama proses pengeringan selama 9 jam serta ikan keumamah yang dikeringkan memiliki tekstur lembut serta memiliki keuntungan produksi yang lebih besar. Kata Kunci : Pengeringan, Ikan Keumamah, Temperatur

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJI SISTEM PENGERINGAN IKAN KEUMAMAH MENGGUNAKAN OVEN PEMANGGANG (HADI MUKAMMIL, 2021)

KAJIAN PENGGUNAAN ENERGI BAHAN BAKAR UNTUK PROSES PENGERINGAN KEUMAMAH (Rahmat Rezal, 2016)

MODIFIKASI MODEL RAK ALAT PENGERING TIPE HYBRID PADA PENGERINGAN IKAN KEUMAMAH (Fajar Rizki, 2019)

PENGARUH PERENDAMAN IKAN KEUMAMAH TERHADAP KADAR PROTEIN (Jumhuri, S.KH, 2014)

EFEKTIVITAS EKSTRAK LENGKUAS (LENGUAS GALANGA) SEBAGAI PEREDUKSI KADAR FORMALIN PADA IKAN KEUMAMAH DARI (EUTHYNNUS AFFINIS) (Wirdatul Wahida, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy