//

UJI DOSIS TEPUNG DAUN JARAK PAGAR UNTUK MENGENDALIKAN NEMATODA PURU AKAR (MELOIDOGYNE SPP.) PADA TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nindi Mutiara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nindi Mutiara. 1605109010011. Uji Dosis Tepung Daun Jarak Pagar untuk Mengendalikan Nematoda Puru Akar (Meloidogyne Spp.) pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum). Di bawah bimbingan Tjut Chamzurni sebagai ketua dan Hartati Oktarina sebagai anggota. RINGKASAN Tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak manfaatnya dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tanaman tomat memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Beberapa hal yang dapat menurunkan produktivitas tanaman tomat, salah satunya karena adanya gangguan dari organisme pengganggu tanaman (OPT) berupa nemaroda puru akar (Meloidogyne spp). Serangan Meloidogyne spp. akan menghambat pertumbuhan tanaman yang mengakibatkan terganggunya serapan air dan unsur hara yang menyebabkan berkurangnya hasil panen. Penggunaan nematisida nabati dari tumbuhan merupakan alternatif yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif nematisida kimiawi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dosis tepung daun jarak pagar yang tepat untuk mengendalikan nematoda puru akar Meloidogyne spp. pada tanaman tomat.Beberapa peneliti telah membuktikan keefektifan penggunaan (Jatropha curcas Linn.) sebagai nematisida. Pada penelitian ini J. curcas diaplikasikan dalam bentuk tepung dengan dosis 15, 25, 35 dan 45 gram. Penggunaan bentuk tepung sama seperti penambahan bahan organik pada tanah yang fungsinya dapat menambah daya tanah menahan air dan kesuburan tanah. Selain itu dekomposisi bahan organik yang dihasilkan dari tanaman akan menghasilkan senyawa bioaktif yang bersihat nematisida Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri atas 5 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap perlakuan terdiri dari 4 unit percobaan, sehingga diperoleh 80 unit percobaan. Penelitian ini dianalis menggunkana analisis sidik ragam. Apabila analisis uji F hit menunjukkan pengaruh nyata, maka analisis data akan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil pada taraf 5% (BNT 0,05) untuk membandingkan rata-rata perlakuan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa tepung daun jarak pagar mampu mengendalikan puru akar Meloidogyne spp. pada tanaman tomat. Adapun dosis tepung daun jarak pagar yang baik dari hasil penelitian ini untuk mengendalikan puru akar Meloidogyne spp. pada tanaman tomat yaitu 35 gram.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEEFEKTIFAN TRICHODERMA VIRENS DAN TRICHODERMA HARZIANUM DALAM MENGENDALIKAN NEMATODA PURU AKAR MELOIDOGYNE SPP. PADA TANAMAN TOMAT (Wahyusa Eka Putra, 2013)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) DI GAMPONG ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Husaini, 2014)

UJI POTENSI BAKTERI ENDOFIT YANG MENGHASILKAN ENZIM SEBAGAI NEMATISIDA TERHADAP MORTALITAS MELOIDOGYNE SPP., (AFRIYANI, 2020)

PENGARUH PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Fitria Ulfah, 2014)

: EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PHYTHIUM SP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR DUA VARIETAS BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Annisa Humaira, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy