//

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USABA PEREMPUAN SEBELUM DAN SESUDAH MENERIMA BANTUAN SPP PNPM-MP DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muksalmina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Muksalmina dengan judul skripsi "Analisis Perbandingan Pendapatan Usaha Perempuan Sebelum dan Scsudah Menerima Bantuao SPP PNPM• Mandiri di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar" di bawah bimbingan lbu Dr. Ir. Suyanti Kasimin, M.Si selaku pembimbing utama dan lbuCut Faradilla, S.P, M.Si selaku dosen pembimbing kedua. PNPM-MP (Program Nasioanal Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan) adalah program oasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Pada pelaksanaannya seluruh anggota masyarakat di dorong untuk terlibat dalam setiap tahapan kegiatan secara partisipatif, mulai dari proses perencanaan, pengambilan keputusan dalam pengelolaan dana sesuai kebutuhan paling prioritas di desanya, sampai pada peJaksanaan kegiatan dan pelestariannya. Salah satu wujud partisipasi tersebut adalah diberikannya kesempatan bagi perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan program yang saJah satunya adalah program Simpan Pinjam Perernpuan (SPP). Kegiatan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) adalah kegiatan yang dilakukan oleh kaum perempuan dengan aktivitas pengelolaan dana simpanan dan pengeJolaan dana pinjaman. Secara umum alokasi dana untuk kegiatan ini maksimal 25 persen dari dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) di kecamatan. Secara umum tujuan dari kegiatan Simpan Pinjam (SPP) ini adalah untuk mengembangkan potensi kegiatan simpan pinjam perdesaan, kemudahan akses pendanaan usaha skala mikro, pemenuhan kebutuhan pendanaan sosial dasar, dan memperkuat kelembagaan kegiatan kaum perempuan. Sementara itu, tujuan khusus dari kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) ini adalah mempercepat proses pemenuhan kebutuhan pendanaan usaha ataupun sosial dasar, memberikan kesempatan kaum perempuan meningkatkan ekonomi rumah tangga melalui pendanaan peluang usaha, dan meadorong peoguatan kelembagaan simpan pinjam oleh kaum perempuan. Sasaran dari kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) ini adalah masyarakat miskin produktif yang memerlukan pendanaan kegiatan usaha ataupun kebutuhan sosial dasar melalui kelompok simpan pinjam uotuk kelompok perempuan yang sudah ada di masyarakat. Selain itu, bentuk kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) adalah memberikan dana pinjaman sebagai tambahan modal kerja bagi kelompok perempuan yang mernpunyai pengelolaan dana simpanan dan pengelolaan dana pinjaman. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data serta evaluasi yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pendapatan perempuan setelah memperoleh bantuan SPP lebih besar dibandingkan pendapatan sebelum memperoleh bantuan SPP (Simpan Pinjam Perempuan).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KOMPARATIF PENDAPATAN USAHA PETANI NELAYAN KECIL (PNK) SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM P4K DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mirza Putra, 2021)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USABA PEREMPUAN SEBELUM DAN SESUDAH MENERIMA BANTUAN SPP PNPM-MP DI KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Muksalmina, 2021)

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PNPM DIRNKECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES (untung surapati, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PRIMA TANI DI DESA ANEUK GLEE KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (Popy Benovly, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PEMILIK BOAT SEBELUM DAN SESUDAH TSUNAMI DI DESA MEUNASAH DRANG KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA (Satria, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy