PERANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIABBAITUL QIRADH CEMPAKA AL-MUKARRAMAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG DI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERANAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIABBAITUL QIRADH CEMPAKA AL-MUKARRAMAH TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG DI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

MERI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0505102010106

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Meri dengan skripsi berjudul Peranan Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka AI-Mukarramah Terhadap Peningkatan Pendapatan Pedagang Di Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh. yang dibimbing oleh Ibu Ir.Ismayani,M.Si sebagai pembimbing pertama dan Bapak Dr.Ir.Agussabti sebagai pembimbing kedua.


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka Al-Mukarramah terhadap peningkatan pendapatan pedagang di Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang berlokasi di JM. Twk. Abdul Azis No.30 Merduati Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dengan asumsi di Kecamatan ini terdapat banyak pedagang yang menerima kredit dari Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka AI-Mukarramah. Objek penelitian ini adalah nasabah pada Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka Al• Mukarramah yang memanfaatkan pembiayaan. Ruang lingkup dalam penelitian ini terbatas pada masalah peranan Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka Al-Mukarramah terhadap pendapatan pedagang di Kecamatan Kutaraja Banda Aceh.
Untuk mengetahui peranan Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka AI-Mukarramah dianalisis berdasarkan pada perbedaan persentase pembiayaan yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka AI-Mukarramah dengan persentase pembiayaan rata-rata yangsalurkan oleh masing-masing sektor ekonomi, sektor perdagangan memiliki jumlah yang besar. Untuk mengetahui seberapa besar peranan tersebut maka dapat dilihat pcngaruh pembiayaan yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka Al-Mukarramah terhadap peningkatan pendapatan pedagang di Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh dianalisis menggunakan uji beda yaitu statistic uji l.


Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka Al-Mukarramah terhadap peningkatan pendapatan pedagang di Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh sudah cukup bcsar. Hal ini dapat dibuktikan dengan lebih besamya persentase rata-rata pembiayaan yang disalurkan pada sektor perdagangan sebesar (83.75 %) bila dibandingkan dengan sektor yang lainnya. Sementara hasil pengujian dengan menggunakan uji t menunjukan bahwa pembiayaan yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka AI-Mukarramah berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan pedagang di Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh. Hal ini dapat dilihat dari lebih besamya pendapatan pedagang perbengkelan, pedagang usaha warung, pedagang kelontong, pedagang baju. pedagang BBM, dan pedagang Aqua setelah menerima pembiayaan dan menggunakan pembiayaan yang disalurkan oleh Lembaga Keuangan Syariah Baitul Qiradh Cempaka AI• Mukarramah dibandingkan sebelum mereka menerima pembiayaan, dimana hasil statistic uji t untuk masing-masing pedagang menunjukan bahwat 'a.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK