ANALISIS PENDAPATAN PETANI CABAI MERAH BINAAN PLAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PENDAPATAN PETANI CABAI MERAH BINAAN PLAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

T. M. Fajar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0405102020065

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

T.M Fajar dengan judul skirpsi " Analisis Peodapatan Petani Cabai Merah (Capsicum Annum L) Binaan Plan Di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar", dengan pembimbing utama Bapak Ir. Azhar A Gani, M. Sc, dan pembimbing kedua Ibu Cut Faradilla, SP, M. Si.



Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah petani cabai merah binaan Plan di Kecamatan Lhoknga Kabupaten dapat memberikan pendapatan yang layak? Lokasi, objek dan ruang lingkup penelitian yaitu Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Objek dari penelitian ini adalah petani cabai itu sendiri yang berasal dari dua kemukiman yaitu Kemukiman Ke'uh dan Lampuuk. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada masalah pendapatan dari petani cabai merah yang telah mendapat pembinaan dari Plan.


Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pendapatan petani cabai merah di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar yang dilakukan oleh Plan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dari jumlah petani cabai merah yang mendapat pembinaan Plan, yang mencakup seluruh petani cabai merah yang terdapat di dua kemukiman, yaitu kemukiman Ku'eh dan Lampuuk yang terdapat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar
Untuk mengalisis pendapatan petani cabai merah dengan cara menjumlahkan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh petani yaitu biaya peralatan, tenaga kerja, biaya bahan, dan biaya sarana produksi lainnya.Berdasarkan hasil pembahasan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan yaitu dengan adanya pembinaan Plan pendapatan petani cabai merah di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar dapat memberikan pedapatan yang layak dari sudut ekonomi, dengan jumlah pendapatannya sebesar Rp 141.747.219,4 /Ha/MT. Selain itu berdasarkan analisis ratio yang memperlihakan jumlah satuanya (> 1) lebih besar dari satu.
Adapun saran yang dapat penulis berikan berdasarkan kesimpulan di atas yaitu dalam kegiatan petani cabai merah tersebut, sebaiknya petani dalam kegiaatan budidaya cabai merah tersebut, untuk memperluas lagi lahan garapannya, supaya pendapatan yang diperoleh lebih besar lagi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK