ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BUAH NAGA (HYLOCEREUS UNDATUS) DI PASAR TRADISIONAL PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN BUAH NAGA (HYLOCEREUS UNDATUS) DI PASAR TRADISIONAL PEUNAYONG KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Marulina Setia Wani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0805102010012

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Marulina Setia Wani dengan judul skripsi "Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Buah Naga (Hylocereus undatus) di Pasar Peunayong Kota Banda Aceh", di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Agussabti, M.Si sebagai pembimbing utama dan Ibu Dr. Ir. Safrida, M.Si sebagai pembimbing kedua.



Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana permintaan buah Naga di pasar Peunayong Kota Banda Aceh dan apakah faktor harga buah Naga, pendapatan konsumen, kesehatan konsumen dan selera konsumen berpengaruh terhadap perrnintaan buah Naga di pasar Peunayong Kota Banda Aceh.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis permintaan buah Naga dan menganalisis faktor harga buah Naga, pendapatan konsumen, kesehatan konsumen dan selera konsumen berpengaruh terhadap permintaan buah Naga di pasar Peunayong Kota Banda Aceh.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode accidental sampling yaitu teknik penarik:an sampel secara sembarang atau kebetulan dimana masyarakat yang ditemui peneliti pada saat berada di lokasi penelitian. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis Trend dan analisis Regresi Linier Berganda dan penyelesaian estimasinya digunakan software Shazam .

Hasil penelitian menunjuk.kan bahwa pennintaan buah Naga akan meningkat pada masa yang akan datang sebanyak 2 kg/orang. Secara parsial faktor harga buah Naga, pendapatan konsum en dan selera konsumen berpengaruh secara nyata terhadap pennintaan buah Naga. Sedangkan faktor kesehatan konsumen tida.k berpengaruh secara nyata terhadap permintaan buah Naga di pasar Peunayong Kota Banda Aceh, karena banyak konsumen yang belum menyadari khasiat buab Naga bagi kesehatan tubuhnya.

Saran yang dapat peoulis berikan pada penelitian ini adalah dibutuhkan peningkatan produksi buah Naga di Aceh khususnya Aceh Besar, sehingga permintaan buah Naga oleh konsumen dapat terpenuhi dan juga harga buah Naga tidak mahal dan lebih terjangkau bagi semua kalangan masyarakat dan pemerintah sebaiknya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang khasiat buab Naga bagi kesehatan tubuh manusia, sehingga masyarakat lebih banyak mengkonsumsi dan mengetahui khasiat dari buah Naga. Dengan banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi buah Naga, maka permintaan terhadap buah Naga juga akan meningkat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK