//

HUBUNGA RINITIS ALERGI DENGAN DEPRESI PADA SISWA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALYA NADIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Latar Belakang: Rinitis alergi (RA) adalah penyakit inflamasi pada mukosa hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. RA yang kronis dan sering kambuh dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya, hal ini dapat mengganggu proses belajar, menurunkan produktivitas dan dapat berdampak psikologis seperti menurunnya kepercayaan diri, rasa malu, ansietas dan depresi. Rinitis alergi sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Tujuan: mengetahui hubungan antara rinitis alergi dan depresi pada siswa pondok pesantren Darul Ulum Banda Aceh. Metode: penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel terdiri dari 190 siswa pada tahap pertama dengan metode simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner SFAR dan CDI. Uji yang digunakan pada penelitian ini adalah uji univariat dan bivariat. Lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darul Ulum, Banda Aceh yang dilakukan dari 9 Oktober hingga 31 Oktober 2020. Hasil: Berdasarkan penelitian terhadap 190 responden menggunakan kuesioner SFAR, responden yang mengalami rinitis alergi sejumlah 44 siswa (23,15%), dan responden rinitis alergi yang mengalami depresi sebanyak 14 siswa (36,4%). Hasil analisis data dengan menggunakan uji statistik Chi Square menunjukan terdapat hubungan signifikan antara rinitis alergi dengan depresi (p = 0,018 < α = 0,05). Kesimpulan: terdapat hubungan antara rinitis alergi dengan depresi pada siswa pondok pesantren Darul Ulum Banda Aceh. Kata Kunci: Rinitis Alergi, Depresi, Pondok Pesantren Darul Ulum

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT RINITIS ALERGI DENGAN KUALITAS TIDUR SISWA PONDOK PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH (SEKAR AYU UTARI KAMIL, 2019)

HUBUNGAN RINITIS ALERGI DENGAN KEJADIAN ASMA PADA SISWA SMP PESANTREN INSHAFUDDIN KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Halizha Nadirha, 2016)

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM KOMPLEK YPUI KAMPUNG KEURAMAT KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (EKA MAY SARI, 2018)

PERBEDAAN KUALITAS HIDUP PENDERITA RINITIS ALERGI DAN NON-RINITIS ALERGI PADA SANTRI DAYAH INSHAFUDDIN DI BANDA ACEH (PUTRI NABILLAH MULYA, 2019)

GAMBARAN PERKEMBANGAN RINITIS ALERGI MENJADI ASMA BRONKIAL DI POLIKLINIK THT-KL DAN POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nisa Fitriani Daud, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy