//

PENGGUNAAN KUESIONER CENTRAL SENSITIZATION INVENTORY, CENTRALIZED PAIN, FIBROMYALGIA DALAM MENEGAKKAN DIAGNOSIS NYERI NOSIPLASTIK PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANESA PRIYANTI MARSAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Nyeri punggung bawah merupakan nyeri ataupun rasa tidak nyaman yang terlokalisasi pada daerah tepi bawah iga sampai ke daerah lumbal ataupun lumbosakral dengan atau tanpa disertai penjalaran nyeri kearah tungkai dan kaki. Salah satu jenis nyeri yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah adalah nyeri nosiplastik. Nyeri nosiplastik adalah nyeri yang timbul akibat perubahan nosiseptor meskipun tidak ada bukti yang jelas tentang kerusakan jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran nyeri nosiplastik pada pasien nyeri punggung bawah di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif murni, yaitu jenis penelitian yang menggambarkan nyeri nosiplastik pada pasien nyeri punggung bawah. Sedangkan jenis rancangan pada penelitian ini adalah rancangan observasional. Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik consecutive sampling yang diambil pada bulan September sampai bulan Desember 2020 dan didapatkan 74 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian didapatkan bahwa kasus nyeri nosiplastik sebanyak 49 sampel. Jenis kelamin perempuan lebih mendominasi mengalami nyeri nosiplastik yaitu sebanyak 26 orang (53,1%). Kelompok usia yang paling banyak mengalami nyeri nosiplastik terdapat pada kelompok usia 46 – 55 tahun sebanyak 16 orang (32,7%). Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang paling mendominasi untuk mengalami nyeri nosiplastik yaitu sebanyak 13 orang (26,5%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN NYERI CAMPURAN PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (NURUL ULYA, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN INTENSITAS NYERI PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH (Dian Mutia, 2017)

HUBUNGAN PARITAS DENGAN KEJADIAN NYERI PUNGGUNG BAWAH DI POLIKLINIK SARAF RSUDZA (Bangkit Salam, 2017)

HUBUNGAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL DENGAN DERAJAT NYERI PADA PASIEN NYERI PUNGGUNG BAWAH (RAIHANAH FADHILLAH YULIANI, 2021)

HUBUNGAN USIA, JENIS KELAMIN, DAN BEBAN KERJA FISIK DENGAN KETERBATASAN BERAKTIVITAS PADA PASIEN SPECIFIC DAN NON-SPECIFIC LOW BACK PAIN (Nabila DInda Jeulila, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy